HOME, Keluarga

Yuk, Pahami Arti Warna Kuning untuk Dekor Rumah dalam Feng Shui!

 Yuk, Pahami Arti Warna Kuning untuk Dekor Rumah dalam Feng Shui!

MOMSMONEY.ID - Warna tidak hanya berperan sebagai penambah nilai estetika suatu hunian. Dalam feng shui, warna juga memiliki makna dan berkaitan dengan elemen tertentu, sehingga tak boleh digunakan sembarangan.

Sebagai contoh, ada warna-warna yang cocok digunakan di area tertentu di rumah Anda karena dapat mendatangkan keberuntungan. Sebaliknya, ada area-area yang sebaiknya tidak dihiasi oleh beberapa warna karena dipercaya membawa sial.

Salah satu warna yang populer digunakan di rumah adalah warna kuning. Dikenal sebagai warna yang ceria dan memberi kesan hangat, ternyata warna kuning juga memiliki makna khusus dalam feng shui, lo.

Baca Juga: Tips Mudah untuk Membersihkan Bulu Hewan Peliharaan, Coba Yuk!

Apa saja makna yang dimaksud, dan bagaimana cara menggunakan warna kuning di rumah menurut feng shui? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Makna warna kuning

Dikutip dari The Spruce, warna kuning yang cerah melambangkan elemen tanah yang membumi dan stabil. Selain itu, warna kuning yang keemasan juga kerap dikaitkan dengan elemen logam.

Warna kuning atau emas bisa digunakan di rumah untuk melambangkan harapan akan datangnya kekuatan, kesehatan, kesabaran, hingga kebijaksanaan untuk seluruh penghuni rumah.

Jadi, jika Anda menginginkan suasana rumah yang stabil, konsisten, dan energik, warna kuning adalah pilihan warna yang cocok untuk dekorasi rumah Anda.

Baca Juga: Tips Memilih Furnitur untuk Kamar Anak, Dijamin Aman dan Nyaman!

Lokasi di rumah yang cocok dengan warna kuning

Supaya warna kuning bisa menghadirkan berbagai energi baik di rumah, penggunaannya tak boleh sembarangan.

Mengutip Love to Know, ada beberapa tempat yang disarankan untuk dekorasi berwarna kuning, misalnya:

  • Sisi timur laut rumah untuk mendukung aspek akademis dalam hidup Anda.
  • Sisi barat daya rumah untuk mendukung aspek hubungan asmara dalam hidup.
  • Sisi barat rumah untuk mendukung keberuntungan anak-anak Anda. Khusus untuk area ini, gunakan warna kuning keemasan.
  • Sisi utara rumah untuk mendukung aspek karier. Untuk area ini, gunakan warna kuning keemasan yang melambangkan elemen logam.
  • Pusat atau tengah rumah untuk mendukung kesehatan, kekayaan, dan kelimpahan bagi seluruh keluarga Anda.

Baca Juga: Anggun dan Kalem, Simak Ide Dekorasi Kamar Warna Lilac Berikut Ini

Lokasi yang perlu dihindari warna kuning

Sementara itu, ada beberapa lokasi yang sebaiknya dihindari oleh dekorasi berwarna kuning karena dipercaya dapat merusak energi di rumah.

Berikut beberapa area yang tidak direkomendasikan feng shui untuk warna kuning:

  • Sisi selatan rumah, karena melambangkan elemen api yang dapat dilemahkan dengan elemen tanah dari warna kuning.
  • Sisi timur dan tenggara rumah, karena melambangkan elemen kayu yang dapat menghancurkan elemen tanah dari warna kuning.

Jika Anda benar-benar ingin menggunakan warna kuning di kedua area tersebut, pastikan Anda membatasi jumlahnya. Hanya gunakan warna kuning dalam jumlah sedikit supaya tidak terlalu mendominasi interior ruangan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal makna warna kuning menurut feng shui dan penggunaannya pada dekorasi rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News