ads

Yuk, Kenali Rumah Subsidi dan Plus Minusnya

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 23 Januari 2022 | 07:15 WIB
Yuk, Kenali Rumah Subsidi dan Plus Minusnya


MOMSMONEY.ID - Memiliki rumah sendiri pada dasarnya merupakan suatu kemewahan, sebab rumah bukan merupakan barang murah. 

Mendapatkan hunian yang layak dengan harga yang terjangkau juga dirasa mustahil.

Namun, ada beberapa solusi yang bisa Anda tempuh untuk mendapatkan rumah layak dengan harga yang lebih terjangkau. Salah satunya adalah program rumah subsidi dari pemerintah.

Baca Juga: Simak, Ini Karakter Kayu yang Cocok Dijadikan Bahan Bangunan

Nah, sebenarnya apa itu rumah subsidi, dan apa saja kelebihannya? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Rumah Subsidi

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR, rumah subsidi adalah rumah yang dibangun dengan biaya murah yang dapat diperoleh melalui skema KPR, baik secara konvensional maupun syariah.

Jadi, dengan menggunakan skema rumah subsidi, Anda bisa mendapatkan rumah dengan harga yang lebih terjangkau karena mendapatkan bantuan dari pemerintah. Artinya, rumah Anda tidak akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) seperti rumah komersial.

Kelebihan Rumah Subsidi

Selain harganya yang terjangkau, rumah subsidi juga memiliki beragam kelebihan yang membuatnya banyak diminati masyarakat.

Dilansir dari Pinhome, berikut beberapa kelebihan dari rumah subsidi:

  • Harganya jauh lebih terjangkau karena sudah mendapatkan bantuan pemerintah. Jadi, nominal cicilannya cenderung lebih murah dari rumah biasa.
  • Uang muka mulai dari 1 persen, berbeda dengan rumah nonsubsidi yang mewajibkan pembayaran uang muka KPR minimal 10-15 persen.
  • Masa tenor atau jangka waktu pembayaran yang panjang, yaitu maksimal 20 tahun. Bunganya pun termasuk tipe fixed rate sehingga tidak akan berubah hingga masa tenor selesai.
  • Dikerjakan oleh developer yang berpengalaman dan tepercaya, sehingga Anda akan mendapatkan kejelasan mengenai kualitas dan urusan kepemilikan rumah.
  • Rumahnya sudah siap huni, sehingga Anda dapat terhindar dari risiko rumah gagal terbangun. Selain itu, Anda juga dapat mengecek kondisi rumah dan lingkungannya secara langsung.

Baca Juga: Ketahui 5 Jenis Rumah Susun di Indonesia!

Kekurangan Rumah Subsidi

Di balik kelebihan rumah subsidi, tentu ada beberapa kekurangan yang perlu Anda jadikan bahan pertimbangan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Kualitas bangunan yang standar, karena pengembang memilih menggunakan material bangunan dengan kualitas biasa untuk menghemat biaya pembangunan. Namun, kualitasnya tetap terjamin karena masih mengikuti standar yang berlaku.
  • Luas bangunan dan lahan yang terbatas, sehingga rumah subsidi kurang cocok untuk Anda yang memiliki banyak anggota keluarga dalam satu rumah.
  • Lokasi rumah kurang strategis dan terletak di pinggiran kota untuk menghemat biaya pembangunan dan mendapatkan harga jual rumah yang terjangkau.

Nah, itulah hal-hal mendasar yang perlu Anda ketahui soal rumah subsidi. Bagaimana, tertarik mempertimbangkan hunian dengan skema ini sebagai tempat tinggal Anda?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru