HOME, Bugar

Waspada, Ini 5 Bahaya Kekurangan Vitamin A Pada Masa Kehamilan

Waspada, Ini 5 Bahaya Kekurangan Vitamin A Pada Masa Kehamilan

MOMSMONEY.ID - Saat masa kehamilan, vitamin A sangat diperlukan untuk proses perkembangan jantung, paru-paru, ginjal, mata, dan tulang janin. 

Setelah melahirkan, vitamin A bisa membantu memperbaiki jaringan tubuh ibu, menurunkan risiko terjadinya infeksi, memperkuat daya tahan tubuh, dan menjaga kesehatan penglihatan. 

Kekurangan vitamin A biasanya terjadi pada trimester ketiga. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kebutuhan vitamin A akibat bertambahnya volume darah serta perkembangan janin yang pesat. 

Kekurangan vitamin A pada kehmailan biasanya akan menimbulkan gangguan penglihatan dan kelemahan sistem imunitas tubuh.

Baca Juga: Inilah 5 Vitamin yang Wajib Dikonsumsi Selama Kehamilan

Selain itu, dilansir dari Pregnant Education, inilah lima bahaya kekurangan vitamin A pada masa kehamilan yang perlu Anda ketahui, antara lain: 

1. Kebutaan

Bahaya kekurangan vitamin A pada masa kehamilan yang pertama adalah mengakibatkan kebutaan. Kekurangan vitamin A bahkan bisa meningkatkan risiko terjadinya kebutaan. 

Secara umum, kekurangan vitamin A dapat menurunkan ketajaman penglihatan, terutama di sore dan malam hari. 

2. Keguguran

Bahaya kekurangan vitamin A pada masa kehamilan yang kedua bisa mengakibatkan keguguran. Kekurangan vitamin A bisa meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil.

Sebuah penelitian menemukan adanya kaitan antara kekurangan vitamin A saat kehamilan dengan kesuburan dan terjadinya keguguran spontan. 

3. Anemia zat besi

Bahaya kekurangan vitamin A pada masa kehamilan yang ketiga adalah mengalami anemia karena kekurangan zat besi pada ibu hamil.

Orang yang mengalami kekurangan vitamin A cenderung memiliki kadar zat besi yang rendah, sehingga rentan mengalami anemia. Kondisi ini juga bisa terjadi pada ibu hamil. 

Baca Juga: Inilah Sederet Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin

4. Xerophthalmia

Bahaya kekurangan vitamin A pada masa kehamilan yang keempat adalah xerophthalmia. Hal ini juga bisa terjadi pada ibu hamil.

Xerophthalmia merupakan penyakit progresif yang ditandai dengan mata kering. Kondisi ini butuh ditangani segera, karena bisa mengakibatkan kebutaan. 

5. Perkembangan organ terganggu

Bahaya kekurangan vitamin A pada masa kehamilan yang kelima adalah perkemabngan organ terganggu. 

Vitamin A dapat membantu proses perkembangan organ jantung, paru-paru, ginjal, mata dan tulan pada janin. Lalu membantu perkembangan sistem syaraf pusat, pernapasan, maupun peredaran darah.  

Oleh karena itu, jika pada kondisi sedang hamil kekurangan vitamin A, maka dapat menyebabkan tidak sempurnanya perkembangan berbagai syaraf dan organ lainnya.  

Dampak kekurangan vitamin A pada ibu hamil bukan hanya pada kesehatan ibu hamil sendiri, melainkan juga pada janinnya.

Jadi, sebisa mungkin penuhi kebutuhan vitamin A selama hamil dengan menerapkan pola makan yang sehat. Namun ingat, hindari mengonsumsi suplemen vitamin A di luar anjuran dokter kandungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News