ads

Simak, Ini Karakter Kayu yang Cocok Dijadikan Bahan Bangunan

Reporter: Kania Paramahita
Rabu, 19 Januari 2022 | 15:48 WIB
Simak, Ini Karakter Kayu yang Cocok Dijadikan Bahan Bangunan

ILUSTRASI. Walaupun kelihatannya sama saja, kenyataannya tidak semua jenis kayu cocok diolah menjadi bahan bangunan. Foto: Instagram @alexanderponsaerts_interiors


MOMSMONEY.ID - Kayu merupakan salah satu material alam yang pemanfaatannya cukup fleksibel. Anda bisa mengolahnya menjadi banyak hal, mulai dari kerajinan, furnitur rumah, hingga bahan bangunan.

Walaupun kelihatannya sama saja, kenyataannya tidak semua jenis kayu cocok diolah menjadi suatu hal tertentu.

Contohnya, jika Anda ingin mengolah kayu menjadi bahan bangunan, tentu Anda menginginkan kayu yang kuat dan tahan lama sehingga bangunan tersebut tidak mudah lapuk dan rusak.

Baca Juga: Mengenal Dekorasi Modern Klasik, Kombinasi Gaya yang Bikin Rumah Makin Keren

Nah, kira-kira apa saja ciri khas dan karakteristik kayu yang cocok diolah menjadi bahan bangunan? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Memiliki kualitas yang baik

Melansir Courtina.id, kayu yang diolah menjadi bahan bangunan harus memiliki kualitas yang baik.

Artinya, kayu tersebut harus kuat dan kokoh ketika digunakan di bagian rumah manapun, sehingga dapat menopang beban yang berat dan tidak mudah goyah.

Memiliki ketahanan yang tinggi

Mengutip Gharpedia, kayu untuk bahan bangunan juga harus memiliki durabilitas atau ketahanan yang tinggi.

Karena digunakan sebagai bahan bangunan, kayu rentan terkena gangguan dari luar rumah, misalnya cuaca, suhu, hingga serangga. Jadi, supaya bangunan tidak mudah rusak dan senantiasa awet, kayu yang digunakan harus tahan terhadap gangguan-gangguan tersebut.

Baca Juga: Kenali Karakteristik Kayu Mindi, Ringan Tapi Solid!

Mudah diolah

Ketika diolah menjadi bahan bangunan, kayu akan melewati serangkaian proses tertentu, misalnya dipaku, disekrup, atau direkatkan dengan kayu lainnya.

Supaya memudahkan proses tersebut, kayu yang digunakan sebagai bahan bangunan tentu harus bersifat fleksibel dan mudah diolah.

Mudah didapatkan di pasaran

Ketika akan menggunakan kayu sebagai bahan bangunan, salah satu faktor yang biasanya luput dari perhatian adalah ketersediaan kayu tersebut.

Pasalnya, ada banyak sekali jenis kayu dengan kriteria yang memadai untuk dijadikan bahan bangunan. Namun, beberapa jenis kayu tersebut termasuk langka dan sulit didapatkan, sehingga akan menyulitkan proses pengadaan kayu. Jadi, kayu yang baik untuk bahan bangunan sebaiknya mudah didapatkan di pasaran.

Baca Juga: Ragam Jenis Kayu yang Cocok Dijadikan Bahan Bangunan Rumah

Jenis kayu untuk bahan bangunan

Setelah mengetahui ciri khas dan karakteristik kayu yang cocok untuk bahan bangunan, tentu Anda penasaran jenis kayu apa saja yang sesuai dengan kriteria di atas.

Dilansir dari laman PT Eticon, berikut beberapa jenis kayu yang cocok untuk bahan bangunan:

  • Kayu jati
  • Kayu merbau
  • Kayu gaharu
  • Kayu ulin
  • Kayu meranti merah

Nah, itulah ciri khas dan karakteristik kayu yang cocok diolah menjadi bahan bangunan. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru