ads

Simak, Ini Cara-Cara Mencegah Korsleting Listrik di Rumah

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 23 Januari 2022 | 10:50 WIB
 Simak, Ini Cara-Cara Mencegah Korsleting Listrik di Rumah


MOMSMONEY.ID - Salah satu hal yang bisa menjadi masalah di rumah adalah korsleting atau hubungan arus pendek listrik.

Dikutip dari The Spruce, korsleting terjadi ketika arus listrik mengalir melalui jalur yang lebih pendek, bukannya melalui jalur yang sudah ditentukan. Hal ini dapat menyebabkan lonjakan arus listrik yang menyebabkan percikan api, bahkan ledakan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa korsleting cukup berbahaya. Tak hanya menyebabkan kebakaran dan ledakan, korsleting juga dapat menyetrum Anda atau penghuni rumah lainnya.

Baca Juga: Promo OVO Shoptakuler Bayar-Bayar, Beli Pulsa dan Token Listrik Cashback 10%

Nah, untuk mencegah terjadinya korsleting di rumah, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan. Yuk, simak caranya di bawah ini!

Hindari menumpuk colokan listrik

Dilansir dari Pusat Krisis Kementerian Kesehatan RI, menumpuk steker atau colokan listrik dapat menyebabkan panas yang bertumpuk sehingga menyebabkan korsleting listrik.

Jadi, sebaiknya hindari menumpuk colokan listrik di satu tempat untuk meminimalisir risiko panas dan korsleting.

Hindarkan cairan dari colokan listrik

Cairan seperti air sangat berisiko memicu korsleting listrik, sehingga Anda dapat mencegah korsleting listrik dengan menghindarkan cairan tersebut dari colokan atau steker listrik.

Selain itu, pastikan area di sekitar colokan listrik dan tubuh Anda benar-benar kering sebelum berkontak dengan colokan tersebut.

Periksa kabel secara rutin

Kabel di rumah bisa terkelupas karena beberapa hal, seperti gigitan tikus atau usia kabel yang sudah tua. Jika tidak segera ditangani, kabel yang terkelupas ini dapat mengakibatkan korsleting.

Nah, untuk menghindari risiko korsleting, sebaiknya periksa kondisi kabel-kabel di rumah Anda secara rutin. Segera ganti pembungkus kabel dengan isolasi khusus supaya kabel yang terekspos tidak memicu korsleting di rumah.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Muncul Ketika Menggunakan Air Fryer, Pernah Melakukannya?

Hindari penggunaan colokan yang longgar

Tidak hanya colokan kabel yang menumpuk, tapi colokan yang longgar dan tidak terpasang dengan sempurna juga dapat memicu percikan api karena korsleting.

Solusinya, pastikan kabel dan stopkontak yang Anda gunakan terpasang dengan sempurna. Jadi, risiko korsleting bisa diminimalisir.

Gunakan komponen listrik yang berkualitas

Dilansir dari Roomme, komponen listrik yang tidak memenuhi standar sangat berisiko menyebabkan korsleting listrik dan membahayakan penghuni rumah.

Jadi, untuk mencegah terjadinya korsleting, pastikan komponen dan peralatan listrik yang Anda gunakan di rumah memenuhi standar dan berkualitas.

Itulah beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya korsleting listrik di rumah. Pada dasarnya, selalu gunakan listrik dengan bijak dan berhati-hati supaya Anda selalu terhindar dari bahaya korsleting listrik.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru