Simak Cara Merawat Anak Positif Covid-19 Tanpa Gejala

Sumber: parentalk.id
Rabu, 07 Juli 2021 | 15:55 WIB
Simak Cara Merawat Anak Positif Covid-19 Tanpa Gejala

ILUSTRASI. Anak positif Covid-19 tanpa gejala. Reuters/Nathalia Angarita.

MOMSMONEY.ID - Saat mendapati anak positif Covid-19 tanpa gejala, pasti Moms khawatir. Menyikapi ini, Moms harus tetap tenang supaya anak dapat segera sembuh dan beraktivitas normal. 

Penularan virus Covid-19 tanpa gejala memang susah untuk dideteksi. Makanya, ketika anak terlihat mengalami gejala ringan sekalipun, misalnya batuk kering dan kelelahan, Moms harus mengambil langkah untuk tes swab PCR. Tujuannya agar Moms dapat cepat menangani anak bila terkonfirmasi positif Covid-19.

Nah, berikut ini cara merawat anak positif Covid-19 tanpa gejala yang bisa Moms terapkan, dilansir dari Parentalk.id:

  • Lakukan isolasi dan pemantauan

Jika anak masih terlalu kecil untuk isolasi mandiri, maka batasi jumlah orang yang menjaganya langsung, maksimal dua orang. Saat akan bertemu anak, Moms harus memakai APD lengkap supaya tidak ikut tertular Covid-19. 

Selalu menjaga kebersihan lingkungan, mencuci tangan sebelum dan sesudah melihat si kecil. Pisahkan pakaian, tempat makan dan minum anak. 

  • Pemeriksaan penunjang 

Tetap lakukan pemeriksaan atau tes PCR dari hari pertama positif sampai hari ke-14 ya. Selain itu, catat dan ukur suhu tubuh anak setiap jam 7 pagi, jam 12 siang dan jam 7 malam.

Jika suhu tubuh anak naik mencapai 38 derajat celcius, segera melapor puskesmas dan petugas pemantau.

Baca Juga: Bikin Masakan Jamur & Tahu Geprek, Gampang Buatnya, Enak Rasanya

  • Pemenuhan nutrisi sesuai usia

Moms wajib memberikan menu gizi lengkap, yang mencakup karbohidrat, protein, lemak, sayur dan buah. Boleh ditambahkan vitamin tambahan selama 14 hari. Namun, tetap konsultasikan dengan dokter dahulu.

  • Menyesuaikan keadaan lingkungan sekitar anak

Tempatkan anak  di ruangan yang memiliki ventilasi, cahaya masuk dan udara. Setiap pagi, buka jendela agar sirkulasi udara terjaga.

  • Beri dukungan suportif

Moms bisa memberikan mainan kesukaan anak, berikan perhatian dan dorongan semangat. Temani juga anak saat berjemur, tetapi tetap jaga jarak.

Di samping merawat anak, tentu Moms juga harus menjaga diri agar terhindar dari Covid-19. Jaga kesehatan dan selalu mematuhi protokol kesehatan. Tetap tenang ya, Moms!

Selanjutnya: Enak! Resep Sayur Bening Katuk Untuk Ibu Menyusui

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru