HOME, Keluarga

Sering Dianggap Satu Keturunan, Ini Letak Perbedaan Antara Anjing dan Serigala

Sering Dianggap Satu Keturunan, Ini Letak Perbedaan Antara Anjing dan Serigala

MOMSMONEY.ID - Anjing dan serigala adalah dua spesies hewan yang berbeda, tetapi memiliki banyak kesamaan. Ini karena mereka adalah sepupu evolusioner, yang memiliki sejumlah ciri fisik, biologis, dan perilaku yang sama. Dalam beberapa kasus, mereka bahkan terlihat mirip.

Dilansir dari Petmd, anjing dan serigala termasuk dalam spesies Canis lupus. Mereka berbagi lebih dari 99% DNA mereka dan meski tidak sering terjadi, mereka secara teknis dapat kawin silang. Namun, sekali lagi, serigala bukanlah anjing, begitu pun sebaliknya. Berikut 5 perbedaan di antara keduanya.

Baca Juga: 5 Penyebab Anjing Mengalami Sembelit

Perbedaan Fisik

Secara fisik, antara anjing dan serigala nyaris berbeda karena perbedaan ras dan sebagainya. Namun, beberapa ras anjing telah melestarikan karakteristik seperti serigala. Sebut saja ras malamute atau husku yang penampilannya sangat mirip dengan serigala.

Anjing rata-rata memiliki berat 14 - 23 kg, sedangkan serigala biasanya lebih besar sekitar 23 – 34 kg. Serigala juga memiliki kaki yang sangat besar dibanding anjing dan dua kaki depannya memiliki jari tegah yang lebih panjang daripada jari lainnya, sehingga mereka dapat melompat lebih tinggi dengan jari-jari mereka.

Menurut Jenn Fiendish, teknisi perilaku veteriner yang menjalankan Happy Power Behavior dan Training di Portland, Oregon, mengatakan, anjing memiliki wajah yang lebih bulat dan mata yang lebih besar daripada serigala. Mereka juga berevolusi untuk memiliki telinga floppy dan ekor keriting atau pendek, sedangkan serigala memiliki telinga runcing dengan ekor panjang seperti sabit. Meski keduanya memiliki jumlah gigi yang sama, gigi serigala lebih besar dan kuat, sehingga dapat menghancurkan tulang yang paling keras.

Domestikasi

Puluhan ribu tahun yang lalu, manusia menjinakkan serigala dan serigala yang jinak ini kemudian berevolusi menjadi anjing. Evolusi ini membuat perubahan dalam tubuh dan temperamennya. Tengkorak, gigi, dan cakar mereka menyusut. Telinga mereka jatuh. Bahkan mereka menjadi kurang menakutkan dan kurang waspada. Namun, mereka belajar membaca ekspresi kompleks yang dimiliki wajah manusia, membuat mereka memiliki sikap yang ramah dan dapat memahami manusia yang memeliharanya.

Sementara serigala adalah pemburu alami. Meski kini banyak orang memelihara serigala, ini tidak menghilangkan keinginan mereka untuk menerkam siapa pun yang menjadi mangsanya.

Perbedaan Reproduksi

Ini adalah perbedaan lainnya antara anjing dan serigala. Dilansir dari PetHelpful, serigala betina datang ke musim kawin hanya setahun sekali. Ini memberikan waktu yang cukup bagi anak-anaknya untuk tumbuh dan berkembang sebelum musim dingin yang keras datang. Sementara anjing, biasanya berahi dua kali setahun, menunjukkan bahwa domestikasi telah memberi mereka kesempatan yang lebih untuk membesarkan anaknya.

Selain itu, serigala biasanya mengandung sebanyak dua hingga empat anak dalam sekali kehamilan. Sementara anjing dapat mengandung lebih banyak calon bayi, yakni hingga dua belas ekor dalam sekali kehamilan.

Baca Juga: Ini Berbagai Macam Vaksin yang Wajib untuk Anjing Peliharaan

Perbedaan Karakter

Meski memiliki rupa yang ganas, serigala sebenarnya pemalu dan akan menghindari manusia. Sementara anjing tidak selalu pemalu, karena mereka cukup akrab dengan manusia. Anjing juga sangat ramah dan bergantung dengan manusia yang merawatnya.

Sementara serigala bersifat sosial dan hidup berkelompok dengan kawanannya. Karena mereka hidup liar, serigala telah berhasil membangun kemandirian yang lebih baik daripada anjing.  Artinya, serigala selalu bisa menghadapi sendiri tantangan yang dihadapinya dan menemukan solusinya.

Perbedaan Nutrisi

Anjing dianggap hewan omnivore dengan bias karnivora. Sementara sistem GI serigala dapat memproses daging mentah, bertahan lebih lama tanpa makan, dan menyerap nutrisi dengan cara yang berbeda dari anjing domestik. Serigala juga makan lebih banyak daripada anjing karena tingkat aktivitas yang berbeda. Seekor anjing yang diberi makan wolf kibble mungkin akan sakit dan diare karena tingginya protein. Sementara serigala yang diberi pakanan anjing akan mengalami kekurangan nutrisi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News