ads

Serba Merah, Ini Dia Makna di Balik Warna yang Identik dengan Perayaan Imlek

Reporter: Christ Penthatesia
Rabu, 26 Januari 2022 | 08:42 WIB
Serba Merah, Ini Dia Makna di Balik Warna yang Identik dengan Perayaan Imlek

ILUSTRASI. Warna merah dan emas merupakan warna yang identik dengan perayaan Imlek karena kedua warna tersebut memiliki makna keberuntungan yang baik. KONTAN/Fransiskus Simbolon


MOMSMONEY.ID - Imlek atau Tahun Baru China merupakan perayaan yang dirayakan tiap tahunnya oleh orang-orang keturunan China.

Dari mulai tradisi, makanan, hingga pernak-pernik dengan warna khas disiapkan untuk menyambut Imlek.

Salah satunya adalah segala jenis pernak-pernik dengan warna merah dan kuning. Selain dua warna tersebut masih ada warna lain yang identik dengan perayaan Imlek. Berikut daftarnya.

Baca Juga: Imlek Semakin Dekat, Siapkan 4 Makanan Khas Imlek Ini

Merah

Merah merupakan warna yang identik dengan perayaan Imlek. Hampir seluruh dekorasi hingga aksesoris yang digunakan saat Imlek berwarna merah.

Penggunaan warna merah pada pakaian, dekorasi, hingga amplop menurut laman China Highlight merupakan simbol dari kebahagiaan, kesuksesan, dan keberuntungan. Sehingga untuk merayakan tahun baru Imlek dan acara penting lainnya warna merah akan selalu digunakan sebagai simbol tersebut.

Kuning

Kuning juga menjadi warna yang identik dengan perayaan Imlek. Kuning merupakan warna yang melambangkan Bumi. Warna ini juga melambangkan sikap loyal baik pada pemimpin.

Warna kuning pun juga digunakan oleh biksu China sebagai lambang kebebasan. Baik kebebasan dari kebutuhan material dan duniawi.

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru Imlek

Hijau

Hijau juga menjadi salah satu warna yang kerap ditemui pada pakaian hingga dekorasi Imlek. Warna hijau sendiri merupakan warna dari kesejahteraan, kesuburan, regenerasi, harapan, harmoni, dan juga pertumbuhan.

Sehingga warna hijau ini digunakan juga sebagai warna yang menyimbolkan bersih dan jernih dalam menyiapkan tahun baru.

Emas

Warna emas juga biasanya digunakan atau dipadukan dengan warna merah. Kedua warna tersebut biasanya juga digunakan untuk beberapa acara penting seperti pernikahan dan perayaan hari besar sebagai tanda kemenangan.

Selain itu warna emas sendiri menjadi warna simbol bagi kekayaan dan merupakan warna yang kerap digunakan oleh kaum bangsawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru