ads

Selain AC, Ini Alternatif Pendingin Ruangan yang Bisa Digunakan di Rumah

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 16 Januari 2022 | 06:15 WIB
Selain AC, Ini Alternatif Pendingin Ruangan yang Bisa Digunakan di Rumah


MOMSMONEY.ID - Di negara tropis seperti Indonesia, AC atau air conditioner seolah sudah menjadi barang yang wajib untuk menangkal hawa panas di rumah.

Namun, penggunaan AC secara terus-menerus akan berdampak pada penggunaan listrik yang boros, sehingga dapat membuat tagihan listrik membengkak.

Di sisi lain, ada juga orang-orang yang tidak memiliki AC di rumahnya sehingga tidak bisa menikmati udara dingin setiap saat.

Untuk mengatasi kedua masalah tersebut, Anda bisa menggunakan alat pendingin ruangan lainnya. Nah, kira-kira alat apa saja yang bisa menggantikan peran AC untuk mendinginkan udara di rumah?

Baca Juga: Promo Tokopedia x PLN, Beli Kompor Induksi Dapat Kupon Tambah Daya Listrik 150 Ribu

Kipas angin

Ketika membicarakan alat pendingin udara, rasanya kurang lengkap bila tidak membahas alat yang satu ini.

Dikutip dari Home Stratosphere, kipas angin memang kerap digunakan sebagai pengganti AC untuk menyejukkan udara di rumah karena harganya yang jauh lebih terjangkau.

Namun, kipas angin bekerja dengan cara memutar udara di dalam ruangan, sehingga kurang efektif untuk mendinginkan ruangan.

Solusinya, Anda bisa meletakkan baskom berisi es batu di depan kipas angin supaya udara yang ditiupkan terasa lebih sejuk.

Exhaust fan

Dikutip dari 99.co, exhaust fan pada dasarnya mirip dengan kipas angin biasa. Namun, berbeda dengan kipas angin yang memutarkan udara di suatu ruangan, exhaust fan bekerja dengan cara menarik udara panas ke luar ruangan tersebut.

Bila ditempatkan pada ruangan yang kecil dan sempit, exhaust fan dapat bekerja secara optimal untuk mengurangi hawa panas.

Baca Juga: Tips Merapikan Gudang di Rumah yang Berantakan, Bikin Lega!

Editor: Kania Paramahita

Terbaru