HOME, Bugar

Sebelum Terlambat! Ketahui 4 Bagian Tubuh yang Rentan Mengalami Penuaan

Sebelum Terlambat! Ketahui 4 Bagian Tubuh yang Rentan Mengalami Penuaan

MOMSMONEY.ID - Penuaan menjadi salah satu masalah kulit yang paling ditakuti. Seiring bertambahnya usia, penuaan pasti akan dialami oleh banyak orang. Walaupun akan terjadi, tetapi Anda masih bisa untuk mencegah penuaan terjadi secara lambat.

Ada beberapa bagian tubuh yang rentan mengalami penuaan, sehingga Anda perlu merawat bagian tubuh ini agar penuaan bisa diperlambat. Melansir dari natur-e.co.id, inilah bagian tubuh yang mengalami penuaan, yaitu: 

Kerutan akibat penuaan dini

1. Wajah

Bagian tubuh yang rentan mengalami penuaan yaitu wajah. Bagian wajah seperti di bawah mata, pipi, dahi dan hidung adalah area-area penting yang perlu difokuskan saat mengoleskan tabir surya. Mulailah perawatan rutin seperti membersihkan kulit, menggunakan krim, hingga memakai masker wajah, sejak dini sebelum terlambat. 

Anda bisa memanfaatkan putih telur sebagai pengencang kulit natural dan lindungi kulit dari sinar matahari. Saat ke luar rumah, kenakan topi untuk menghalangi sinar matahari dan gunakan tabir surya setiap hari.

2. Leher

Bagian tubuh yang rentan penuaan selanjutnya adalah leher. Leher tidak pernah terlepas dari keringat, paparan sinar matahari, dan berbagai aktivitas fisik. Akibatnya, kulit leher tampak kusam, lebih cepat mengalami keriput, hingga tampak mengendur.

Sebaiknya, oleskan krim khusus leher untuk merawat kondisi kulit. Tapi jika tidak memilikinya, gunakan saja krim wajah, serum, atau esens yang dioleskan perlahan dengan gerakan melingkar. Jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya agar terhindar dari efek buruk sinar matahari saat banyak beraktivitas di luar ruangan.

Baca Juga: Inilah Perbedaan Alkohol Jahat dan Alkohol Baik untuk Wajah, Sudah Tahu?

3. Punggung Tangan

Selanjutnya, punggung tangan juga termasuk bagian tubuh yang rentan penuaan. Krim tangan menjadi produk perawatan favorit dan wajib dimiliki para perempuan. 

Pilih losion yang mampu melindungi bagian atas tangan dari efek sinar matahari yang berbahaya, mulai dari flek hitam, keriput, hingga risiko kanker kulit.

Jangan ragu untuk mengaplikasikan losion berulang kali saat mendapati kulit terasa kering atau kusam, terutama setelah mencuci tangan atau banyak menghabiskan waktu di ruangan ber-AC.

4. Kaki

Bagian tubuh yang rentan penuaan lainnya adalah kaki. Paling banyak digunakan, tapi terkadang kaki tidak mendapat perawatan kulit yang semestinya. Akibatnya, kulit kaki seringkali terlihat kusam, kering, bahkan hingga bersisik dan terkelupas.

Mumpung tren celana pendek dan sandal bertali sedang booming, bikin kulit jadi halus dengan melakukan eksfoliasi. Lanjutkan dengan pemakaian losion yang kaya pelembap dan tabir surya yang melindungi kulit dari dampak sinar matahari.

Perhatikan juga kulit di sekitar lutut yang tampak lebih tebal tapi longgar, yang jadi tanda awal penuaan dini. Selain menggunakan pelembap, rawat juga dengan massage oil secara teratur untuk membuatnya terlihat halus dan bebas kusam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News