HOME, Keluarga

Sebelum Memeliharanya, Ketahui Berapa Lama Kelinci Bisa Hidup

Sebelum Memeliharanya, Ketahui Berapa Lama Kelinci Bisa Hidup

MOMSMONEY.ID - Kelinci banyak diminati untuk menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan. Mereka jinak, ramah, dan menggemaskan.  Namun, sebelum Anda memutuskan memelihara kelinci, penting bagi Anda untuk mengetahui masa hidup kelinci. Ini akan membantu Anda memberikan perawatan yang baik untuk kelinci.

Rata-Rata Umur Kelinci Pada Umumnya

Banyak orang yang beranggapan bahwa kelinci hanya bisa hidup selama 1 hingga 2 tahun. Padahal, hewan kelinci bisa hidup lebih lama dari 2 tahun. Dilansir dari The Spruce Pets, umur rata-rata kelinci peliharaan adalah sekitar 5-10 tahun. Namun, mereka pada umumnya bisa bertahan hingga 12 tahun bila mendapatkan perawatan yang baik selama hidupnya.

Baca Juga: Kucing Anda Sedang Hamil? Ketahui Bagaimana Cara Merawatnya

Rata-Rata Umur Berdasarkan Ras Kelinci

Disebutkan sebelumnya, bahwa ada banyak jenis ras kelinci. Beberapa jenis ras kelinci peliharaan ini diketahui hidup lebih lama daripada yang lain. Masing-masing memiliki umur yang berbeda. Dilansir dari Webmd, secara umum, ras kelinci yang lebih besar hidup lebih pendek daripada ras kerdil, dan kelinci ras memiliki umur yang lebih pendek daripada ras campuran. Selain itu, kelinci ras besar dapat hidup hingga 10 tahun, sedangkan kelinci kerdil ras campuran hanya dapat hidup 8 tahun.

Lebih jelasnya, berikut tabel tentang rata-rata umur kelinci berdasarnya jenis rasnya dilansir dari Rabbit Care Tips.

Rata-Rata Umur Kelinci

Baca Juga: Cara Mengetahui Berapa Usia Kelinci Peliharaan Melalui 4 Cara Ini

Rata-Rata Umur Berdasarkan Perawatan Kelinci

Selain ras, rata-rata umur ini juga dapat dipengaruhi oleh perawatan kelinci itu sendiri. Kelinci domestik biasanya hidup antara 8-12 tahun, berbeda dengan kelinci liar yang mungkin hanya hidup beberapa tahun karena mereka menghadapi penyakit, kelaparan, dan predator liar.

Kelinci rumahan yang dirawat dengan baik dan telah dikebiri sejak dini, memiliki harapan hidup 8 hingga 12 tahun lebih lama daripada kelinci yang tidak dikebiri. Sama seperti kelinci liar, kelinci peliharaan yang di rawat di dalam kandang belakang rumah juga memiliki kurang dari setengah masa hidup rata-rata kelinci di dalam rumah. Ancamannya adalah predator yang membuatnya tak cukup merasa aman, meski berada di dalam kandang.

Kelinci yang dipelihara sebenarnya juga tak membutuhkan vaksinasi seperti anjing dan kucing untuk mempertahankan kehidupan yang lama mereka. Akan tetapi, pemeriksaan hewan tahunan dan pemantauan kesehatan oleh pemilik mereka akan sangat berarti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News