ads

Pentingkah Mahasiswa Bekerja Part Time? Berikut Ini Beberapa Keuntungannya

Reporter: Christ Penthatesia
Senin, 24 Januari 2022 | 11:20 WIB
Pentingkah Mahasiswa Bekerja Part Time? Berikut Ini Beberapa Keuntungannya

ILUSTRASI. Bekerja part time merupakan pengalaman bekerja bagi mahasiswa yang bisa digunakan untuk mengembangkan skill dan koneksi.


MOMSMONEY.ID - Bekerja masa kini tak hanya dapat dilakukan bagi orang-orang yang memasuki usia kerja saja. Kini, mahasiswa juga dapat bekerja di samping waktu berkuliah mereka.

Bekerja part time sembari menjalani kuliah merupakan hal yang gampang-gampang susah. Terutama dalam hal mengatur waktu.

Namun disamping itu, bekerja part time juga bisa memberikan beberapa manfaat yang baik. Berikut ini adalah beberapa manfaat bekerja part time bagi mahasiswa.

Baca Juga: Rekomendasi Pekerjaan Untuk Mahasiswa, Tambah Ilmu Sekaligus Cuan

Menambah uang saku

Tentu saja manfaat utama dari memiliki pekerjaan adalah mendapatkan uang saku. Bekerja part time tentunya juga bisa memberikan uang saku tambahan bagi mahasiswa yang merasa ingin mendapatkan uang saku sendiri.

Pengalaman kerja

Laman Indeed menuliskan bahwa dengan bekerja part time, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman bekerja terutama pada perkembangan karirnya ke depan. Sehingga kedepannya mereka akan mendapatkan gambaran yang jelas mengenai dunia kerja dan karir mereka.

Memperluas koneksi

Bekerja part time juga membantu mahasiswa untuk memperluas koneksi mereka selain dengan teman-teman di kampus. Kesempatan untuk bertemu orang baru baik dalam bidang yang sama maupun berbeda akan menjadi keuntungan tersendiri bagi mahasiswa yang memiliki pekerjaan part time.

Baca Juga: Unik, Ini Dia Kepanjangan dari Nama Agensi Besar di Korea! Ada yang Sudah Tahu?

Mengembangkan skill

Dunia kerja tentunya tak hanya membutuhkan teori saja namun skill juga menjadi salah satu pertimbangan kuat dalam dunia kerja. Laman iSchoolConnect menjelaskan bahwa keterampilam untuk mengatur waktu, skill berkomunikasi, bekerja bersama orang lain, dan interpersonal skill lainnya dapat bertambah melalui pekerjaan part time.

Memperkuat resume

Resume menjadi satu hal penting yang dilihat saat sedang mencari kerja. Pengalaman kerja yang ditulis pada resume tentunya menjadi satu pertimbangan untuk menerima calon pekerja. Disinilah peran pekerjaan part time dibutuhkan untuk memperkuat resume saat melamar kerja.

Meningkatkan percaya diri

Dengan memiliki latar belakang bekerja nyata, maka kepercayaan diri untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan layak juga dapat bertambah. Selain meningkatkan diri dalam karir, memiliki pekerjaan part time juga bisa meningkatkan percaya diri dalam pertemanan, koneksi, dan juga ilmu baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru