HOME, Bugar

Pakai Double Masker untuk Menangkal Covid-19, Amankah?

Pakai Double Masker untuk Menangkal Covid-19, Amankah?

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Kasus positif Covid-19 terus mencetak rekor baru dalam sepekan terakhir, mendorong tak sedikit orang yang menggunakan double masker sekaligus.

Namun pertanyaannya apakah penggunaan double masker ini efektif menghalau virus?

Ternyata itu tak sepenuhnya berhasil, jika cara menggunakan double masker salah. Alih-alih mengusir virus justru menggunakan double masker bisa mengurangi fungsi masker itu sendiri.

Prof. Ari Natalia Probondari, Guru Besar Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Surakarta (UNS) mencontohkan penggunaan double masker medis. Mungkin terkesan aman, tetapi sebenarnya itu justru menghilangkan fungsi filter masker medis itu sendiri.

"Penggunaan satu masker medis filternya akan bekerja, tetapi kalau ditambah masker medis lain itu akan mengganggu fungsi masker itu sendiri," paparnya, Kamis (24/6).

Baca Juga: Bandingkan Masker N95, KN95, KF94 dan Tips Memilih Masker yang Aman

Lebih baik jika ingin menggunakan double masker, kita bisa menggabungkannya dengan masker kain. Masker bedah digunakan di bagian dalam dan masker kain di bagian luar. Penggunaan masker kain diluar bisa merapatkan masker yang medis yang talinya sering kendor.

Jika kurang nyaman menggunakan dua masker sekaligus, kita bisa juga merapatkan masker medis yang digunakan dengan mengikat bagian bagian ujungnya supaya lebih kencang. Setidaknya cara ini menjaga kerapatan saat ini menggunakan masker

Penelitian US CDC menunjukkan penggunaan masker medis yang efektivitasnya bisa mencapai 77% dan jika tidak diikat hanya 56,1%. Sedangkan penggunaan masker berlapis efektivitasnya mencapai 85,4%.

Selanjutnya: Saat Anak Terinfeksi Virus Corona, Segera Lakukan Hal Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News