HOME, Bugar

Pahami 5 Jenis Sabun Mandi yang Bisa Anda Coba, Sudah Tahu?

Pahami 5 Jenis Sabun Mandi yang Bisa Anda Coba, Sudah Tahu?

MOMSMONEY.ID - Mungkin Anda mengira bahwa sabun mandi sama saja saat digunakan pada kulit Anda. Padahal tiap kulit memiliki jenis yang berbeda-beda. Misalnya, pada kulit kering sangat cocok memilih sabun yang berbahan aloe vera dan alpukat.

Kini, ada berbagai jenis sabun mandi yang dijual di pasaran yang bisa Anda coba. Tentunya jenis sabun yang Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda. Mengutip dari cnfstore.com, berikut lima jenis sabun mandi yang bisa Anda coba, yaitu: 

1. Sabun Herbal

Jenis sabun mandi pertama adalah sabun herbal. Sabun mandi jenis ini mengandung bahan herbal lembut dan ekstrak alami tanaman seperti chamomile, lavender, peppermint, oatmeal dan alpukat. Selain itu, sabun herbal berbahan minyak zaitun dan shea butter juga bisa menjadi pilihan alternatif Anda.

Minyak zaitun dikenal akan fungsinya dalam proses regenerasi kulit dan membuat kulit bercahaya, kemudian mengandung vitamin dan antioksidan yang dapat mencegah radikal bebas.

2. Sabun Anti Bakteri

Jenis sabun berikutnya yaitu sabun anti bakteri. Sabun mandi ini cukup populer dikalangan banyak orang karena dapat membunuh bakteri dan kuman setelah beraktivitas seharian. Sabun Anti Bakteri memiliki agen anti-bakteri tambahan seperti triclosan atau triclocarban.

Tingkat pH berada dalam kisaran 9-10 dan tersedia dalam bentuk batangan cair atau padat. Jenis sabun mandi ini berfungsi membentuk garis pertahanan pertama melawan mikroorganisme dan agen berbahaya. Tetapi, penggunaan sabun anti bakteri secara berlebihan dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada kulit. 

Baca Juga: Punya Kulit Kering dan Bersisik? Ini 4 Vitamin yang Bisa Mengatasinya

3. Sabun Anti Jerawat

Bagi Anda yang sedang mengalami jerawat di punggung, sabun anti jerawat merupakan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Jenis sabun anti-jerawat digunakan terutama di wajah, dada dan punggung di mana jerawat lebih sering muncul.

Anda mungkin perlu menggunakan sabun anti jerawat dua kali sehari untuk menghilangkan jerawat di beberapa bagian tubuh tersebut. Akan tetapi, penggunaan berlebihan dapat menyebabkan bercak merah dan bersisik pada kulit. Perhatikan cara dan waktu pemakaiannnya, ya. 

4. Sabun Pelembap

Selanjutnya, jenis sabun mandi yang bisa Anda coba yaitu sabun pelembab. Bagi Anda pemilik kulit kering atau kombinasi, sabun ini sangat cocok Anda gunakan. Sabun mandi yang mengandung minyak zaitun, shea butter, dan gliserin adalah sabun pelembab terbaik. Minyak zaitun juga memiliki efek anti-penuaan pada kulit. Shea butter mengandung vitamin dan bertindak sebagai pelembap yang baik

5. Sabun Aromaterapi

Jenis sabun mandi lainnya adalah sabun aromaterapi. Sabun ini mengeluarkan aromaterapi yang menenangkan ketika Anda mandi. Biasanya, sabun aromaterapi ini mengandung minyak esensial, jojoba dan sunflower oil, ekstrak chamomile, dan jasmine. Sabun aromaterapi bagus untuk meningkatkan rasa kesejahteraan dan relaksasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News