HOME, Bugar

Moms Wajib Tahu! Ini 5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

Moms Wajib Tahu! Ini 5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan pada Anak

MOMSMONEY.ID - Radang tenggorokan pada anak kerap membuat orang tua cemas karena anak menjadi tidak nafsu makan dan tampak gelisah.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mengobati radang tenggorokan pada anak yang dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah.

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat anak mengalami radang tenggorokan adalah memastikan ia banyak beristirahat agar daya tahan tubuhnya lebih kuat dalam melawan kuman penyebab radang tenggorokan.

Baca Juga: Waspadai! Ini Gejala Radang Tenggorokan Akut yang Perlu Anda Ketahui

Selain itu, Ddilansir dari Kids Health, Anda juga bisa melakukan beberapa cara mengobati radang tenggorokan pada anak berikut ini:

1. Berkumur dengan air garam

Cara mengobati radang tenggorokan pada anak yang pertama adalah berkumur dengan air garam. Cara ini juga bisa meringankan gejala radang tenggorokan pada anak.

Jika anak Anda sudah memasuki usia sekolah atau setidaknya berusia di atas 5 tahun, Anda bisa mengajarinya untuk berkumur dengan air garam.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampur sekitar ½ sendok teh garam dengan segelas air putih hangat dan aduk hingga larut.

Ajari anak untuk berkumur dan pastikan ia tidak menelan larutan tersebut. Ulangi sebanyak 3 kali sehari hingga radang tenggorokannya sembuh.

2. Hindari makanan ini

Cara mengobati radang tenggorokan pada anak yang kedua adalah hindari makanan berikut ini. Makanan yang perlu anak hindari diantara lain ialah makanan yang bersifat keras, pedas, berminyak, dan dingin.

Sebut saja seperti: gorengan, air dingin, gulai, masakan padang, dan lainnya. Makanan-makanan ini tidak menyembuhkan melainkan dapat memperparah infeksi yang terjadi dalam tenggorokan.

3. Jaga kesehatan mulut

Cara mengobati radang tenggorokan pada anak yang ketiga adalah jaga kesehatan mulut. Dalam proses penyembuhan dari suatu penyakit, kebersihan selalu menjadi kunci penting.

Entah itu kebersihan bagian yang sakit ataupun juga anggota tubuh lainnya. Terkait penyakit ini, kebersihan mulut dan tangan perlu diutamakan.

Menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi dapat membantu meredakan infeksi tenggorokan. 

Menyikat gigi juga dapat membantu mengurangi bau tak sedap pada mulut yang ternyata juga berperan dalam melawan infeksi dalam tenggorokan. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorakan yang Bikin Susah Menelan

4. Memberikan yogurt

Cara mengobati radang tenggorokan pada anak yang keempat adalah memberikan yogurt untuk dikonsumsi. 

Dengan mengonsumsi yogurt, bakteri baik dalam tubuh akan bertambah, sehingga proses penyembuhan tubuh akan berjalan lebih cepat.

Untuk mencapai hasil yang maksimal dalam mengatasi radang tenggorokan pada anak, berikan yogurt pada anak dan biarkan selama 30 menit.

5. Berkumur dengan soda kue

Cara mengobati radang tenggorokan pada anak yang kelima adalah berkumur dengan soda kue. Berkumur larutan ini dapat membunuh bakteri dan mencegah pertumbuhan ragi dan jamur.

Sementara obat kumur air asin lebih umum digunakan, berkumur soda kue yang dicampur dengan air garam juga dapat membantu meredakan radang tenggorokan pada anak.

Itulah beberapa cara mengobati radang tenggorokan pada anak yang perlu orang tua ketahui untuk membantu meredakan gangguan pada anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News