ads

Moms, Wajib Tahu! Berikut Ini Adalah Daftar Gen Ayah dan Ibu yang Diwariskan ke Anak

Reporter: Christ Penthatesia
Kamis, 27 Januari 2022 | 08:31 WIB
Moms, Wajib Tahu! Berikut Ini Adalah Daftar Gen Ayah dan Ibu yang Diwariskan ke Anak

ILUSTRASI. Beberapa sifat dan fitur pada tubuh anak dipengaruhi dari gen yang diwariskan oleh ibu dan ayah.


MOMSMONEY.ID - Jika berbicara mengenai keturunan tentunya tak akan jauh dari peran orang tua dalam menyumbangkan beberapa fitur wajah pada keturunannya.

Tak hanya fitur wajah, bentuk wajah, dan tubuh saja yang menurun dari orang tua, sifat dan kebiasaan pun diturunkan dari orang tua.

Apa saja ya sifat-sifat yang diturunkan dari ibu dan juga dari ayah? Berikut ini adalah penjelasannya.

Baca Juga: Ingin Rekreasi Ke Jatim Park? Ketahui Dulu Bedanya Jatim Park 1, 2, dan 3

Ibu

Beberapa kebiasaan yang dimiliki sang ibu bisa menurun pada anaknya. Salah satunya adalah tentang kebiasaan tidur. Ternyata kebiasaan tidur yang didapatkan anak diperolehnya dari kebiasaan tidur sang ibu.

Laman Parenting First Cry menjelaskan kemungkinan tersebut bisa datang dari kebiasaan tidur sang anak dengan ibu semasa kecil dimana anak menghabiskan banyak waktu tidur bersama dengan ibu.

Selain kebiasaan tidur, jenis rambut anak juga biasanya diturunkan dari ibu. Seperti warna rambut, jenis rambut yang dimiliki, dan juga tebal tipisnya rambut juga lebih banyak menurun dari ibunya.

Tekanan darah dan juga penyakit bawaan lainnya seperti diabetes dan juga metabolisme tubuh juga lebih banyak menurun dari ibu dibanding ayah. Di samping itu, tingkat fokus dan intelegensi seorang anak juga akan menurun dari gen ibunya.

Baca Juga: Deretan Teratas Drama Korea yang Trending di Netflix, Sudah Nonton?

Ayah

Ayah juga memiliki peran dalam menurunkan beberapa sifat dan kebiasaan. Salah satunya adalah berat badan.

Gen dari ayah seperti yang dilansir dari laman RD, seberapa banyak lemak yang disimpan ayah juga akan menurun pada anaknya. Termasuk seberapa cepatnya berat badan anak naik dan turun.

Selain itu, tinggi badan, warna mata, bentuk bibir dan sidik jari dari anak juga merupakan genetik yang menurun dari sang ayah.

Walaupun biasanya bentuk tersebut tidak nampak identik namun biasanya hal-hal itu akan terlihat memiliki kemiripan dengan yang dimiliki sang ayah.

Tingkat kesuburan yang diperoleh oleh anak juga didapatkan dari ayahnya. Baik bagi anak perempuan maupun laki-laki, tingkat kesehatan kesuburan anak akan bergantung dari ayahnya.

Hal tersebut disebabkan karena ayah memiliki sel yang disebut centrioles yang hanya bisa diturunkan dari ayah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru