HOME, Bugar

Meskipun Baunya Menyengat, Inilah Manfaat Jengkol untuk Kesehatan Tubuh

Meskipun Baunya Menyengat, Inilah Manfaat Jengkol untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Di balik baunya yang menyengat, jengkol punya beragam manfaat baik bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

Meski mungkin tidak semua orang menyukainya, rasanya sayang untuk melewatkan khasiat jengkol bagi tubuh. Sebenarnya, jika jengkol dimasak dengan baik, baunya yang kurang sedap itu akan berkurang.

Selain itu, proses memasak yang benar membuat makanan ini memiliki rasa yang cukup lezat dan tekstur yang legit.

Baca Juga: Kenali 5 Manfaat Kayu Secang untuk Kesehatan

Tak hanya bisa memuaskan nafsu makan Anda, dilansir dari Mayo Clinic dan Web MD inilah beberapa manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh, antara lain:

1. Menangkal radikal bebas

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah menangkal radikal bebas. Banyak kandungan vitamin yang terdapat dalam jengkol. Seperti Vitamin A, B1, B2, juga vitamin C.

Gabungan senyawa vitamin A dan vitamin B sangat baik untuk berperan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas yang bisa mempengaruhi pertumbuhan sel kanker.

2. Menguatkan tulang dan gigi

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang kedua adalah menguatkan tulang dan gigi. Selain vitamin dan zat besi, kandungan kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk struktur tulang dan gigi.

Pertumbuhan tulang dan gigi dapat berjalan maksimal berkat kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada jengkol. Tubuh yang tercukupi dengan kandungan tersebut akan terhindari dari penyakit osteoporosis.

3. Mencegah diabetes

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang ketiga adalah mencegah diabetes. Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of The Science of Food and Agriculture menunjukkan, bahwa jengkol mampu menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Jika dilakukan penelitian lebih lanjut, bukan tidak mungkin para ahli dapat membuktikan jengkol baik untuk mencegah penyakit diabetes dan mengendalikan gula darah pada penderita diabetes.

Baca Juga: Sederet Makanan yang Bisa Meredakan Nyeri Tulang dan Otot

4. Mencegah sakit maag

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang keempat adalah mencegah sakit maag jika dikonsumsi secara bijak dan tidak berlebihan. 

Percobaan lain yang disebutkan pada Global Journal of Pharmacology menyatakan bahwa ekstrak jengkol juga mengandung manfaat untuk mencegah masalah lambung.

Studi yang dilakukan pada tikus itu menunjukkan bahwa tikus yang diberikan ekstrak jengkol cenderung terlindung dan terhindar dari gangguan pencernaan, seperti sakit maag.

5. Mengatasi demam berdarah

Manfaat jengkol untuk kesehatan tubuh yang kelima adalah mengatasi demam berdarah jika dikonsumsi secara bijak dan tidak berlebihan. 

Sementara menurut penelitian yang dikutip dari Jurnal UIN Suska Riau, ekstrak air kulit buah jengkol dapat digunakan sebagai larvasida untuk mencegah penyakit demam berdarah.

Namun, klaim ini masih perlu penelitian lanjutan untuk membuktikan khasiat jengkol dalam mengatasi demam berdarah.

Anda bisa menyiasati bau mulut akibat jengkol dengan sering menggosok gigi dan makan permen yang mengandung kandungan mint yang kuat.

Juga pastikan menjaga kebersihan saat buang air kecil di toilet umum dengan menyiram toilet sampai bersih agar tidak menimbulkan aroma menyengat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News