ads

Mengenal Karakteristik Kayu Mahoni yang Berkualitas Tinggi

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 16 Januari 2022 | 10:05 WIB
Mengenal Karakteristik Kayu Mahoni yang Berkualitas Tinggi


MOMSMONEY.ID - Dari beragam jenis kayu yang ada, kayu mahoni (mahogany wood) merupakan jenis kayu yang populer dimanfaatkan sebagai bahan furnitur rumah.

Dilansir dari Courtina.id, kayu mahoni terkenal dengan warnanya yang kemerahan. Selain itu, kayu ini memiliki sifat yang halus dan lunak, serta memiliki tampilan yang natural. Jadi, kayu ini cocok untuk Anda yang menginginkan furnitur berkualitas yang terlihat elegan.

Nah, kira-kira apa saja ciri khas dan kelebihan kayu mahoni lainnya yang perlu diketahui? Yuk, simak artikel di bawah ini!

Baca Juga: Mengenal Konsep Taman Kering, Cocok Untuk yang Tak Suka Kotor!

Karakteristik dan Penggunaan Kayu Mahoni

Dikutip dari Bramble Furniture, kayu mahoni memiliki masa tanam yang cukup singkat dengan harga yang tidak terlalu mahal. Selain itu, kayu mahoni juga banyak ditemui di Pulau Jawa sehingga materialnya cukup melimpah.

Secara umum, berikut karakteristik atau ciri khas dari kayu mahoni:

  • Memiliki serat kayu yang mirip dengan kayu jati, sehingga kayu mahoni kerap digunakan sebagai alternatif atau pengganti kayu jati yang lebih terjangkau.
  • Saat masih muda, kayu mahoni memiliki warna yang pucat. Namun, semakin tua, warna kayu mahoni akan semakin matang. Kayu mahoni yang berusia di atas 20 tahun akan memiliki warna kemerahan yang mencolok, tapi tetap terlihat natural.
  • Kayu mahoni cocok dengan beragam jenis finishing, mulai dari akrilik, pelitur, hingga pernis.

Kayu mahoni sendiri cukup fleksibel dan mudah dibentuk, sehingga bisa digunakan untuk beragam keperluan. Kayu mahoni biasanya diolah menjadi furnitur rumah, kerajinan tangan, pintu, hingga peti.

Baca Juga: Yuk, Pahami Kelebihan dan Kekurangan dari Furnitur Logam

Kelebihan Kayu Mahoni

Kepopuleran kayu mahoni sebagai bahan baku furnitur dan interior rumah tentu bukan tanpa alasan. Berikut beberapa kelebihan dari kayu mahoni:

  • Memiliki serat kayu yang halus dan lurus, sehingga terlihat natural dan mewah saat diolah menjadi furnitur.
  • Daya tahannya yang stabil, sehingga tidak mudah mengalami penyusutan atau pemuaian.
  • Kandungan minyak alaminya yang rendah, sehingga cocok diberi beragam jenis finishing karena tidak akan merusak hasil akhir finishing.
  • Harganya yang cenderung lebih terjangkau daripada kayu jati, sehingga dapat menjadi alternatif untuk kayu jati.

Kekurangan Kayu Mahoni

Walaupun memiliki beragam kelebihan, kayu mahoni tetap memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui. Berikut beberapa kekurangan dari kayu mahoni:

  • Rentan terhadap hama, sehingga Anda akan sulit menemukan mahoni berusia matang yang berkualitas.
  • Proses pengeringannya yang sangat lama. Proses pengeringan ini cukup penting, karena akan membantu kayu mahoni memiliki kualitas yang setara dengan kayu jati.
  • Proses maintenance atau penjagaan kualitas yang cukup rumit dan perlu ketelitian tinggi. Kayu mahoni perlu disimpan dengan benar, direndam dalam larutan anti serangga, dan dioven dalam waktu yang lama untuk menjaga kualitasnya.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal kayu mahoni. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru