ads

Memahami Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor, Apa Saja?

Reporter: Kania Paramahita
Rabu, 26 Januari 2022 | 19:03 WIB
Memahami Perbedaan Dapur Bersih dan Dapur Kotor, Apa Saja?

ILUSTRASI. Dapur bersih dan dapur kotor umum dijumpai di negara-negara Asia. Foto: Instagram @tinkering_with_tanglewood


MOMSMONEY.ID - Dapur merupakan area yang cukup penting di rumah, karena digunakan untuk memasak 3 kali sehari untuk menunjang kebutuhan nutrisi seluruh keluarga.

Jadi, supaya kegiatan memasak berjalan maksimal, dapur biasanya didesain senyaman mungkin. Bahkan, ada beberapa rumah yang memiliki dua jenis dapur sekaligus, yaitu dapur kotor dan dapur bersih.

Istilah dapur bersih dan dapur kotor banyak digunakan di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Sekilas, menggunakan dua jenis dapur sekaligus memang terasa seperti pemborosan ruangan. Namun, kenyataannya kedua jenis dapur ini memiliki fungsi yang berbeda sehingga perlu dipisahkan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Juicer Berkualitas, Bikin Minuman Sehat Makin Mudah!

Apa sajakah perbedaan antara dapur bersih dan dapur kotor? Berikut penjelasannya untuk Anda.

Lokasi

Dikutip dari Rinnai Indonesia, salah satu perbedaan yang paling kentara antara dapur kotor dan dapur bersih adalah lokasinya.

Biasanya, dapur bersih berada di dalam rumah dan menyatu dengan area rumah lainnya, misalnya ruang makan atau ruang keluarga.

Di sisi lain, dapur kotor umumnya ditempatkan di area yang terpisah dengan ruangan utama di dalam rumah karena dapur kotor rentan terkena minyak atau bekas olahan makanan. Jadi, dengan menempatkan dapur kotor di area terpisah, kotoran tersebut tidak akan masuk ke dalam rumah.

Desain

Dilansir dari Pinhome, dapur bersih umumnya akan didesain dan ditata dengan lebih bersih dan rapi, karena lokasinya yang cenderung menyatu dengan interior rumah lainnya.

Sementara itu, dapur kotor yang terletak di area terpisah (biasanya di belakang rumah) umumnya didesain lebih sederhana dan diatur supaya tidak langsung terlihat dari dalam rumah. Tak hanya itu, dapur kotor juga didesain sedemikian rupa sehingga  sirkulasi udara mengalir lancar.

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Rumah Menjelang Tahun Baru Imlek

Editor: Kania Paramahita

Terbaru