HOME, Keluarga

Langkah Tepat Merawat Tanaman Anggrek yang Perlu Anda Ketahui

Langkah Tepat Merawat Tanaman Anggrek yang Perlu Anda Ketahui

MOMSMONEY.ID - Anggrek merupakan salah satu tanaman berbunga yang cukup populer. Tanaman hias berbunga ini banyak dipelihara di rumah dengan pot-pot di bawah atau digantung di dinding. Karena letak daya tariknya berada pada bunganya, tanaman anggrek membutuhkan perawatan yang tepat agar bunga dapat tumbuh dengan subur.

Ada berbagai jenis anggrek yang berarti perawatannya pun dapat berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Namun, Anda dapat mengikuti cara-cara mudah ini dalam merawat tanaman anggrek agar dapat berbunga maksimal.

Baca Juga: Ini 6 Jenis Tanaman Hias Indoor yang Punya Ukuran Mini

Lingkungan yang Tepat

Lingkungan yang tepat artinya Anda perlu memperhatikan di mana tanaman anggrek itu tumbuh. Jika Anda menanamnya dengan pot, pastikan pot tanaman anggrek memiliki lubang drainase yang baik.

Lubang ini berfungsi untuk mengalirkan air berlebih keluar dari media tanam. Sebab, jika air berlebih dan menumpuk di pot akan membuat akar tanaman menjadi busuk.

Kemudian, pemilihan media tanam yang baik untuk pot harus yang dapat mengalirkan air dengan baik. Tanaman anggrek harusnya ditanam di tanah atau media tanam yang cepat kering. Susunan yang baik adalah 1/3 batu bata di bagian bawah dan pakis di 2/3 bagian atasnya.

Dilansir dari Wikihow.com, agar dapat tumbuh subur, tanaman anggrek membutuhkan sinar matahari yang kuat, tetapi tidak langsung. Maka, lokasi yang baik untuk meletakkan tanaman anggrek adalah di dekat jendela bila di dalam rumah dan di teras rumah bila di luar rumah. Posisikan tanaman menghadap ke selatan atau ke timur. Selain itu, anggrek dapat tumbuh subur dengan suhu sejuk atau sekitar 16-24 derajat celcius.

Menyirami dan Memberi Pupuk

Anggrek umumnya tak membutuhkan banyak air, tetapi Anda dapat memberikan air sebanyak yang dibutuhkan tanaman. Anda dapat memberikannya selama beberapa hari sekali. Cara mengecek kelembapannya adalah dengan menusukkan 1-2 jari Anda ke dalam media tanam.

Jika terasa sangat kering, Anda dapat menyiraminya. Biarkan hingga meresap, lalu buang kelebihan air. Bila terlalu berisiko, Anda dapat menggunakan botol semprotan agar dapat mengontrol pemberian air.

Menyirami tanaman anggrek bahkan dapat dilakukan sebanyak beberapa kali seminggu atau bahkan beberapa minggu sekali. Ini bergantung dengan kondisi iklim, tingkat kelembapan, dan jenis media tanamnya. Kendati demikian, Anda perlu selalu mengeceknya.

Pemberian pupuk ke tanaman anggrek dapat dilakukan sebanyak sebulan sekali saat sedang berbunga. Namun, jangan sirami tanaman setelah dipupuk agar nutrisinya tidak keluar bersama air. Anda dapat menggunakan pupuk jenis apapun.

Baca Juga: Tips Merawat Tanaman Sukulen Indoor Tanpa Kerepotan

Pemangkasan

Beberapa jenis anggrek tidak dapat tumbuh kembali di batang yang sama, maka anggrek harus mendapatkan pemangkasan berkala untuk mengatur pertumbuhan barunya. Anda cukup memotong batangnya tepat di atas nodus atau titik pertemuan batang setelah bunganya mati.

Untuk varietas anggrek berumbi semu, potonglah di atas umbinya. Sementara anggrek yang lain, potong seluruh batangnya sedekat mungkin dengan permukaan media tanam.

Pencegahan dari Hama dan Penyakit

Selanjutnya adalah pencegahan hama dan penyakit pada tanaman anggrek. Anggrek bisa terserang kutu tempurung dan kutu putih. Tanda-tandanya adalah daun yang lengket dan kapang jelaga yang berwarna hitam. Maka, Anda harus mengusir serangga dan membersihkan daunnya dengan air sabun.

Caranya, buat larutan air dengan sabun cuci piring, lalu usapkan larutan dengan lap ke permukaan daun dan batang bunga anggrek. Ini akan menghilangkan sisa lengket dan kapang jelaga.

Namun, jika Anda menemukan jaringan tanaman yang sakit, seperti bintik-bintik atau berubah warna, Anda dapat memangkas jaringan yang terserang agar tidak menular. Lalu, gunakan fungisida atau bakterisida untuk mencegah kembalinya penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News