HOME, Bugar

Lakukan 4 Cara Ini untuk Menghilangkan Bau Badan

Lakukan 4 Cara Ini untuk Menghilangkan Bau Badan

MOMSMONEY.ID - Merasa tidak percaya diri dengan bau badan? Saat bau badan muncul tentunya bisa menjadi masalah besar yang mengganggu penampilan Anda sehari-hari. Bukan hanya Anda saja, tetapi orang-orang disekitar juga ikut terganggu. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau badan yang bisa Anda lakukan. Melansir dari cnfstore.com, berikut cara menghilangkan bau badan dengan mudah, yaitu: 

1. Gunakan sabun antibakteri alami

Cara menghilangkan bau badan pertama yaitu dengan menggunakan sabun antibakteri alami. Bau badan bisa terjadi saat bakteri di kulit bercampur dengan keringat. Sehingga, Anda harus menghilangkan bakteri di kulit. Untuk menghilangkan bau badan, mandi dengan sabun mandi antibakteri agar tetap bersih dan segar.

Beberapa sabun mengandung bahan kimia yang berpotensi berbahaya seperti triclosan. Ada baiknya, Anda menggunakan sabun mandi dengan bahan-bahan alami. Pilih bahan-bahan sabun seperti tea tree oil, oregano, peppermint dan eucalyptus. Zat alami ini memiliki sifat melawan bau dan bakteri untuk membantu melawan bau badan.

2. Gunakan deodorant atau antiperspirant

Cara menghilangkan bau badan selanjutnya adalah gunakan deodorant atau antiperspirant. Anda juga perlu merawat area ketiak dengan menggunakan dua produk efektif ini. Namun, ada perbedaan fungsi antara antiperspirant dan deodorant. Pada antiperspirant atau anti-keringat memiliki fungsi untuk mencegah keringat berlebihan dari dalam tubuh.

Tetapi kandungan dalam antiperspirant tidak bisa membunuh bakteri penyebab bau pada ketiak. Zat aktif di dalamnya mampu menyumbat kelenjar keringat atau perspirasi pada ketiak sehingga bisa mencegah tubuh menghasilkan keringat berlebihan.

Selanjutnya, pada deodorant mengandung antibakteri dan wewangian yang dapat membantu mengurangi bakteri ketiak dan menutupi bau tidak sedap. Hal ini karena deodorant memiliki kandungan zat antibakteri yang bisa mencegah timbulnya bau pada ketiak.

Akan tetapi, produk ini tidak cocok digunakan untuk pemilik keringat berlebih karena tidak mampu menahan produksi keringat berlebihan. Setelah mandi, oleskan deodoran ke bagian ketiak untuk mencegah bau badan yang tidak sedap.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Face Scrub Terbaik Buat Kulit Lembut dan Cerah

3. Pakai pakaian menyerap keringat

Pakaian juga bisa berpengaruh dengan bau badan. Pakailah pakaian yang terbuat dari kain yang dapat menyerap keringat seperti katun, sutra, atau wol. Segera cuci pakaian yang kotor dan berkeringat setelah dipakai.

Saat berolahraga, Anda mungkin dapat memakai kain yang menyerap kelembapan seperti polyester atau nylon. Pertimbangkan untuk secara rutin mencukur bulu ketiak, agar keringat menguap lebih cepat, sebelum menghasilkan bau badan.

4. Perhatikan asupan makanan

Selanjutnya, cara menghilangkan bau badan yaitu perhatikan asupan makanan. Asupan makan mempengaruhi bau badan yang muncul. Cara menghilangkan bau badan paling efektif dimulai dari memperbanyak asupan makanan mulai dari buah-buahan dan sayuran non-sulfur, rempah, yogurt dan acar.

Sebaiknya, Anda perlu megurangi makanan pedas, makanan dengan bawang putih dan bawang merah, terlalu banyak daging merah, sayuran bersulfur seperti brokoli, kubis dan kembang kol, kelebihan kafein dan alkohol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News