HOME, Bugar

Ketahui Cara Memilih Produk Eksfoliasi Sesuai dengan Jenis Kulit Anda

Ketahui Cara Memilih Produk Eksfoliasi Sesuai dengan Jenis Kulit Anda

MOMSMONEY.ID - Eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk, sehingga membuat kulit Anda menjadi lembut dan kenyal. Memilih produk eksfoliasi tidak boleh sembarangan karena harus sesuai dengan jenis kulit wajah yang dimiliki.

Setiap jenis kulit membutuhkan kandungan yang berbeda-beda. Agar tidak salah pilih, berikut cara memilih produk eksfoliasi sesuai dengan jenis kulit dilansir dari blog.avoskinbeauty.com, yaitu: 

1. Kulit Berminyak dan Berjerawat

Cara memilih produk eksfoliasi untuk kulit berminyak dan berjerawat yaitu pilih produk toner eksfoliasi. Pada kulit berminyak dan berjerawat, sebaiknya memilih produk toner eksfoliasi yang bisa mengurangi minyak dan bisa mengatasi komedo serta jerawat meradang dengan efektif.

Anda bisa memilih toner dengan kandungan AHA dan BHA dalam satu toner. Toner dengan kandungan dua asam ini mampu menghilangkan sel kulit mati, mengontrol minyak berlebih penyebab komedo dan jerawat, serta membantu memudarkan bekas jerawat.

2. Kulit Kering

Cara memilih produk eksfoliasi untuk kulit sering adalah dengan memilih kandungan Hyaluronic Acid. Jenis asam ini lebih lembut untuk kulit dan dapat membantu menghidrasi kulit menjadi lebih lembap.

Meskipun kulit Anda kering, Anda tetap bisa menggunakan produk eksfoliasi. Memakai produk eksfoliasi akan mencegah kulit kering menjadi bersisik dan menjadikan kulit lebih lembap. Produk eksfoliasi dapat memperbaiki tekstur kulit kering menjadi lebih halus.

Baca Juga: Inilah 4 Bahan Alami untuk Mendapatkan Rambut Lembut dan Berkilau

3. Kulit Sensitif

Selanjutnya, produk eksfoliasi yang cocok untuk kulit sensitif adalah yang memiliki kandungan PHA atau lactic acid yang lebih lembut. Seperti yang Anda tahu bahwa kulit sensitif harus lebih waspada saat memakai produk skincare apapun, terutama saat pemakaian pertama kali.

Anda perlu memilih produk yang bebas alkohol dan lembut. Bahan aktif yang keras dapat menjadi masalah bagi kulit sensitif. Saat pertama kali mencoba produk eksfoliasi, pakailah produk setiap 2 hari sekali dan perhatikan reaksi yang timbul pada kulit.

Jika kulit muncul kemerahan dan perih, segera hentikan pemakaian. Ada baiknya, Anda memilih produk dengan kandungan PHA untuk kulit sensitif.

4. Kulit Kombinasi

Pada kulit kombinasi atau normal, Anda bisa memakai jenis produk eksfolasi apa saja selama produk tidak mengandung alkohol dan pewangi. Tetapi, Anda membutuhkan kesabaran ekstra karena Anda butuh lebih dari satu jenis eksfoliator.

Kalau kondisi wajah Anda berminyak di bagian t-zone dan kering di bagian pipi, Anda bisa menggunakan kandungan AHA/BHA di bagian t-zone dan hyaluronic acid di bagian pipi.

Hal ini memang cukup merepotkan tetapi akan memberi hasil yang baik. Selain itu, Anda juga bisa mencoba penggunaan lactic acid jika tidak ingin menggunakan terlalu banyak produk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News