ads

Kenali Ciri Khas Kayu Ulin yang Berkualitas Tinggi, Apa Saja?

Reporter: Kania Paramahita
Minggu, 23 Januari 2022 | 09:30 WIB
Kenali Ciri Khas Kayu Ulin yang Berkualitas Tinggi, Apa Saja?


MOMSMONEY.ID - Kayu yang berkualitas tinggi sudah pasti banyak diburu untuk diolah menjadi bahan bangunan atau furnitur rumah.

Untungnya, di Indonesia banyak kayu lokal yang memiliki kualitas tinggi, misalnya kayu ulin. Berasal dari Kalimantan, kayu ulin memiliki sifat yang kuat dan tahan lama, sehingga banyak digunakan sebagai material bangunan dan furnitur rumah.

Nah, kira-kira apa lagi hal yang membuat kayu ini populer? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Inspirasi Dapur Warna Ungu yang Cantik dan Elegan, Dijamin Suka!

Apa Itu Kayu Ulin?

Kayu ulin merupakan jenis kayu asli Indonesia yang banyak tumbuh di wilayah Kalimantan, Sumatera bagian timur, Sulawesi, dan kepulauan Bangka Belitung.

Dilansir dari Archify, kayu ulin memiliki beberapa sebutan lain secara lokal, misalnya kayu tubulin, tulian, bulian, telian, atau onglen. Secara umum, kayu ulin juga dikenal sebagai kayu besi.

Kayu ulin memiliki beberapa varietas, seperti ulin kapur, ulin lilin, ulin tando, dan ulin tembaga. Keempat varietas kayu ulin ini hanya berbeda dari segi warna batangnya saja.

Kegunaan Kayu Ulin

Kayu ulin sendiri bersifat multifungsi dan bisa digunakan untuk beragam keperluan. Pada zaman dulu, kayu ulin kerap digunakan sebagai tiang telepon, tiang listrik, bantalan rel kereta api, hingga konstruksi dermaga dan kapal tradisional.

Saat ini, kayu ulin paling umum digunakan sebagai material bangunan atau furnitur rumah. Kayu ulin dapat digunakan sebagai material fondasi, lantai, dinding, pintu, tangga, jendela, hingga struktur atap.

Bahkan, kayu ulin dapat digunakan sebagai material utama dalam pembangunan rumah kayu, cottage, atau vila.

Baca Juga: Simak, Ini Karakter Kayu yang Cocok Dijadikan Bahan Bangunan

Karakteristik Kayu Ulin

Jika dibandingkan dengan jenis kayu lainnya, kayu ulin memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya banyak digemari.

Dilansir dari Courtina, berikut beberapa karakteristik dari kayu ulin:

  • Memiliki daya tahan tinggi, dalam artian tidak mudah lapuk, tahan terhadap serangan rayap, dan tahan dari faktor lingkungan seperti perubahan suhu. Hal ini membuat kayu ulin tidak rentan mengalami kerusakan atau perubahan bentuk walaupun digunakan dalam kondisi apapun.
  • Memiliki tekstur keras dan kasar sehingga sulit dipaku atau digergaji. Karena sifatnya ini, kayu ulin kerap disebut sebagai kayu besi.
  • Memiliki aroma khas yang menenangkan dan terasa natural, sehingga dapat menjadi poin plus yang menarik jika dijadikan bahan bangunan atau furnitur rumah.
  • Memiliki nilai ekonomi tinggi, karena permintaannya yang cukup tinggi walaupun harganya mahal. Selain itu, kayu ini juga sangat multifungsi sehingga mudah diolah menjadi apa saja.

Itulah penjelasan mengenai serba-serbi kayu ulin. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru