Jangan Heran, Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Menggigiti Kukunya Sendiri

Sumber: Petmd
Jumat, 14 Januari 2022 | 15:05 WIB
Jangan Heran, Ini Alasan Kenapa Kucing Suka Menggigiti Kukunya Sendiri

MOMSMONEY.ID - Kucing adalah salah satu hewan yang dapat merawat dirinya sendiri. Perawatan ini mereka lakukan dengan menjilati tubuhnya sendiri. Kadang kala, mereka juga akan menggigigit dan mengunyah kukunya sendiri beberapa kali.

Anda tak perlu khawatir atau heran karena itu juga merupakan perilaku yang wajar. Kucing yang sehat akan selalu melakukannya untuk membersihkan kaki-kaki hingga cakarnya.

Baca Juga: Ini Beberapa Permainan yang Disukai Kucing, Yuk Ajak Bermain!

Dilansir dari Petmd, Dr. Carlo Siracusa, asisten profesor klinis kedokteran perilaku di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Pennsylvania mengatakan, “Ketika kita melihat kucing membersihkan cakarnya, ia mungkin mengunyah kukunya atau di sekitar bantalan cakarnya untuk menyingkirkan kotoran lainnya. Semua ini bisa tersangkut di bantalan kaki, jadi ini adalah bagian penting dari proses pembersihan”.  

Siracusa juga menambahkan bahwa kucing cukup mahir menjaga kukunya agar tetap terawat tanpa banyak mengunyah atau menggigit. Caranya adalah dengan menggaruk permukaan benda yang kasar seperti tiang garukan atau karpet kucingnya. Ini bertujuan untuk mengikir kuku mereka sendiri. Selain itu, jika kuku kucing mulai patah atau rontok, kucing akan mengunyah potongan itu sendiri agar tidak tersangkut-sangkut saat berjalan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Perilaku Kucing yang Melakukan Spraying atau Penandaan Urin

Situasi mengunyah dan menggigit kuku akan berubah menjadi hal yang negatif bila dilakukan secara “tidak normal”. Secara “tidak normal” ini artinya kucing melakukannya secara berlebihan dan obsesif. Biasanya hal ini disebabkan oleh dua penyebab utama, yakni cedera atau infeksi yang menyebabkan kucing mencabik-cabik kakinya, serta kucing yang menderita gangguan kecemasan.

Jika kebiasaan membersihkan cakar ini mulai tidak normal, sebaiknya Anda segera membawa kucing Anda ke dokter hewan. Tanda-tandanya seperti kucing sering menggigit kuku, berjalan pincang, dan ketidaknyamanan lainnya.

Selanjutnya: Optimalkan Utilisasi Produksi, OBM Drilchem (OBMD) Siapkan Capex Rp 3,8 Miliar

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru