HOME, Bugar

Inilah Sederet Manfaat dan Kandungan Nutrisi Cengkeh untuk Kesehatan

 Inilah Sederet Manfaat dan Kandungan Nutrisi Cengkeh untuk Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Cengkeh memiliki rasa yang manis dan aromatik, serta tersedia dalam bentuk utuh, bubuk, maupun minyak esensial, dikutip dari Healthline.

Kandungan nutrisi dalam cengkeh yang bervariasi memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Cengkeh bahkan dijadikan sebagai obat tradisional yang banyak digunakan orang terdahulu.   

Dirangkum dari Mayo Clinic, beberapa manfaat dan kandungan nutrisi cengkeh yang dapat diperoleh untuk kesehatan, antara lain: 

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mengatasi Diare Pada Anak Secara Alami

1. Melindungi dari kanker

Manfaat dan kandungan nutrisi cengkeh yang pertama adalah melindungi dari kanker. Cengkeh diperkaya oleh antioksidan eugenol untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

Selain eugenol, cengkeh juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan untuk membantu menetralisir radikal bebas. 

2. Membantu menjaga kesehatan tulang

Manfaat dan kandungan nutrisi cengkeh yang kedua bisa membantu menjaga kesehatan tulang. Beberapa senyawa dalam cengkeh terbukti membantu menjaga massa tulang.

Ekstrak cengkeh yang tinggi akan eugenol dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Kandungan mangan dalam cengkeh juga punya peranan penting untuk kesehatan tulang. 

3. Mengatasi jerawat

Manfaat dan kandungan nutrisi cengkeh lainnya adalah bisa mengatasi jerawat. Minyak cengkeh dipercaya dapat mengatasi jerawat karena memiliki sifat antimikroba yang kuat. 

Penelitian menunjukkan bahwa minyak ini dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus yang dapat menyebabkan jerawat, bisul, ruam, lepuh, dan impetigo.  

Baca Juga: 5 Buah yang Ampuh Menurunkan Darah Tinggi Jika Dikonsumsi Rutin

4. Menjadi antioksidan alami untuk tubuh

Manfaat dan kandungan nutrisi cengkeh yang keempat adalah bisa menjadi antioksidan alami untuk tubuh. 

Selain mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, kaya akan antioksidan merupakan manfaat cengkeh menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry. 

Antioksidan adalah senyawa yang mengurangi stres oksidatif, yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis. 

Meski berukuran kecil, namun cengkeh mengandung vitamin, mineral, dan serat yang penting bagi tubuh. 

Meskipun demikian, jika Anda ingin menggunakan cengkeh sebagai obat herbal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News