HOME, Bugar

Inilah Manfaat Mengonsumsi Biji-bijian untuk Kesehatan Tubuh

Inilah Manfaat Mengonsumsi Biji-bijian untuk Kesehatan Tubuh

MOMSMONEY.ID - Ada banyak manfaat mengonsumsi biji-bijian bagi kesehatan tubuh. Mulai dari menyehatkan pencernaan, menurunkan risiko penyakit jantung, hingga membantu cegah obesitas.

Beberapa contoh biji-bijian yang cukup familiar di Indonesia adalah biji bunga matahari, kacang-kacangan, dan gandum.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini adalah manfaat mengonsumsi biji-bijian untuk kesehatan tubuh Anda, antara lain:

Baca Juga: Simak 5 Manfaat Air Rebusan Kunyit untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengurangi risiko obesitas

Manfaat mengonsumsi biji-bijian untuk kesehatan yang pertama adalah mengurangi risiko obesitas. 

Makan makanan kaya serat dapat membantu kamu kenyang lebih lama dan mencegah makan berlebihan. Inilah salah satu alasan mengapa diet tinggi serat dianjurkan untuk menurunkan berat badan.

Biji-bijian mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, terutama biji-bijian utuh. Ini berarti manfaat mengonsumsi biji-bijian juga termasuk mengurangi risiko obesitas.

2. Mendukung pencernaan yang sehat

Manfaat mengonsumsi biji-bijian untuk kesehatan yang kedua adalah mendukung pencernaan yang sehat. 

Serat dalam biji -bijian dapat mendukung pencernaan yang sehat dengan berbagai cara. Pertama, serat membantu membuat feses menjadi lebih banyak dan menurunkan risiko sembelit.

Kedua, beberapa jenis serat dalam biji-bijian bertindak sebagai prebiotik. Ini berarti mereka membantu memberi makan bakteri usus yang bermanfaat dan penting untuk kesehatan pencernaan.

Baca Juga: Inilah 5 Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Manfaat mengonsumsi biji-bijian untuk kesehatan yang ketiga adalah menurunkan risiko penyakit jantung. 

Salah satu manfaat terbesar mengonsumsi biji-bijian adalah menurunkan risiko penyakit jantung. Penyakit ini merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia.

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa mengonsumsi biji-bijian setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

4. Menurunkan risiko stroke

Manfaat mengonsumsi biji-bijian untuk kesehatan yang keempat adalah menurunkan risiko store. 

Manfaat mengonsumsi biji-bijian utuh juga termasuk membantu menurunkan risiko stroke. Hal ini juga dibuktikan dalam penelitian pada 2015 yang dipublikasikan di International Journal of Clinical and Experimental Medicine.

Salah satu kemungkinan alasan mengapa biji-bijian dapat menurunkan risiko stroke adalah karena kandungan senyawa di dalamnya. Seperti serat, vitamin K, dan antioksidan.

Nah, itulah beberapa manfaat mengonsumsi biji-bijian yang penting untuk diketahui. Karena manfaatnya sangat banyak, jangan lupa masukkan biji-bijian dalam menu makan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News