HOME, Bugar

Inilah makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan penderita asam urat

Inilah makanan dan minuman yang tidak boleh dimakan penderita asam urat

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Menjaga pola makan harus dilakukan oleh penderita asam urat. Simak beberapa bahan makanan dan minuman yang harus dihindari penderita asam urat.

Penyakit asam urat terjadi saat jumlah purin dalam tubuh terlalu banyak. Supaya tubuh Anda terhindar dari masalah itu, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah membatasi atau benar-benar menghindari pantangan asam urat.

Sebelum mengetahui beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak Anda konsumsi karena meningkatkan jumlah asam urat, ada banyak kebiasaan yang perlu Anda coba. Pertama, usahakan untuk minum delapan gelas air putih per hari.

On Health (onhealth.com) mengatakan bahwa banyak minum air putih mampu membantu tubuh mengeluarkan asam urat lebih banyak. Kedua, kontrol berat badan karena berat badan berlebih dapat memperparah penyakit asam urat.

Ketiga, konsumsi beberapa jenis buah, apalagi buah ceri. Cobalah untuk makan satu hingga dua porsi buah ceri per hari agar kesehatan terjaga. Nah, supaya kesehatan Anda semakin terjaga, perhatikan konsumsi beberapa jenis makanan yang bisa memperparah penyakit asam urat.

Makanan yang Mengandung Purin

Pantangan asam urat yang pertama adalah makanan yang mengandung banyak purin. Beberapa jenis makanan yang mengandung banyak purin adalah daging, seafood, dan kacang-kacangan seperti legume.

Baca Juga: Asam urat kumat, ini 5 suplemen yang bisa mengobatinya

Makanan dan Minuman Manis

Selain makanan yang mengandung purin, makanan dan minuman yang mengandung banyak pemanis juga perlu Anda waspadai. Misalnya, kue, minuman bersoda, permen, dan lain-lain. makanan dan minuman itu kaya akan pemanis buatan yang dapat memperparah penyakit asam urat yang Anda alami.

Ikan

Seperti yang telah disebutkan, seafood termasuk salah satu pantangan asam urat yang perlu Anda waspadai. Hal itu juga berlaku pada beberapa jenis ikan, misalnya ikan tuna. Meski demikian, On Health mengatakan ikan memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jadi, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter tentang seberapa banyak porsi ikan yang bisa Anda konsumsi. Selain mengonsumsi ikan secara langsung, Anda juga bisa mencoba minyak ikan dalam bentuk suplemen.

Baca Juga: Tidak ingin gula darah naik? Sebaiknya hindari konsumsi makanan dan minuman ini

Minuman Beralkohol

Bir termasuk salah satu pantangan asam urat yang sebaiknya Anda waspadai.

Supaya penyakit asam urat tak memburuk, ada baiknya bagi Anda untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol terlalu banyak, apalagi bir. Bir mengandung purin yang mudah terserap tubuh. Hasilnya, jumlah asam urat yang menumpuk dalam tubuh bertambah.

Daging Merah

Jika Anda benar-benar ingin mengonsumsi daging merah, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi daging merah berdampak buruk pada jumlah purin dalam tubuh sehingga penyakit asam urat bisa semakin parah.

Selanjutnya: 10 Pantangan makanan bagi penderita gagal ginjal agar kondisinya tak memburuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News