ads

Inilah 5 Macam Jus yang Ampuh Menyembuhkan Asam Urat

Reporter: Helvana Yulian
Kamis, 27 Januari 2022 | 10:38 WIB
Inilah 5 Macam Jus yang Ampuh Menyembuhkan Asam Urat

ILUSTRASI. Jus yang Ampuh Menghilangkan Asam Urat


MOMSMONEY.ID - Asam urat selalu disertai nyeri yang dirasakan di salah satu bagian sendi tubuh. Kondisi ini merupakan gejala umum adanya cedera atau penyakit tertentu. 

Selain minum obat, ada beberapa buah atau jus yang dapat menjadi penghilang nyeri sendi yang bisa Anda coba untuk meringankan gejalanya.  

Selain tentunya penderita asam urat perlu menjaga kadar asam urat tetap normal. Caranya, menghindari makanan yang mengandung purin dan sebaliknya meningkatkan pilihan makanan sehat untuk asam urat, seperti buah-buahan. 

Baca Juga: Manfaat dan Kandungan Nutrisi Labu Siam untuk Kesehatan Tubuh

Dilansir dari Mayo Clinic, inilah lima macam jus yang ampuh menyembuhkan asam urat, antara lain: 

1. Jus ceri 

Jus yang ampuh menyembuhkan asam urat pertama adalah jus ceri. Sama halnya dengan manggis, ceri juga diketahui memiliki efek anti-inflamasi yang bisa mengatasi peradangan.

Ceri juga direkomendasikan sebagai jus untuk nyeri lutut dan sendi karena kandungan antioksidan yang dimiliki. Jus ceri juga berkhasiat mengendalikan asam urat dan nyeri arthritis. 

Penelitian dalam jurnal Osteoarthritis Cartilage menyatakan bahwa jus ceri mampu meredakan nyeri lutut pada pasien osteoarthritis.

2. Jus seledri

Jus yang ampuh menyembuhkan asam urat kedua adalah jus seledri. Mungkin Anda pernah mendengar manfaat jus seledri untuk asam urat.

Bukan tanpa alasan, manfaat jus seledri ini datang dari kandungan fitonutrien yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan. 

Kedua sifat ini dikenal luas dalam mengatasi peradangan termasuk pada penderita radang sendi (artritis)  dan osteoartritis. 

Untuk membuat jus seledri sebagai salah satu cara mengurangi gejala nyeri sendi. Anda membutuhkan batang seledri yang cukup besar.

Editor: Helvana Yulian

Terbaru