HOME, Bugar

Inilah 4 Bahan Alami untuk Mendapatkan Rambut Lembut dan Berkilau

Inilah 4 Bahan Alami untuk Mendapatkan Rambut Lembut dan Berkilau

MOMSMONEY.ID - Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang menunjang penampilan. Banyak wanita yang ingin memiliki rambut sehat, lembut dan berkilau. Tentunya, Anda bisa mendapatkan hal itu semua dengan melakukan perawatan rambut secara rutin.

Untuk lebih aman, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti alpukat dan minyak zaitun. Bahan alami terasa lebih aman untuk kesehatan rambut. Melansir dari cnfstore.com, berikut bahan-bahan alami yang membuat rambut Anda menjadi lembut dan berkilau, yaitu: 

1. Alpukat

Alpukat

Bahan alami pertama membuat rambut lembut dan berkilau yaitu alpukat. Alpukat tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit, rambut pun juga. Alpukat mengandung protein, asam amino, dan vitamin yang tinggi untuk menutrisi rambut.

Terutama kandungan asam amino pada alpukat akan menghasilkan rambut yang lebih halus dan terhidrasi. Cara pengaplikasiannya dengan menghancurkan satu buah alpukat matang, lalu tuangkan sedikit minyak zaitun dan madu.

Kemudian, aduk secara merata hingga menjadi pasta. Selanjutnya, oleskan secara merata pada rambut, diamkan selama 30 menit sebelum dibilas menggunakan air mengalir. Anda bisa menggunakan buah alpukat sebagai masker rambut alami seminggu sekali.

2. Gelatin

Bahan alami selanjutnya untuk rambut lembut adalah gelatin. Bahan alami ini memiliki sumber protein yang baik untuk kesehatan rambut. Gelatin mampu melapisi helai rambut, memberi kelembapan alami, dan menjaga kelembutan rambut.

Untuk membuat masker rambut dari gelatin, Anda bisa mencampurkan gelatin dengan susu atau air hangat. Diamkan selama 15 menit hingga seperti gel atau pasta. Kemudian oleskan campuran masker tersebut pada rambut basah dengan sisir. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih menggunakan sampo.

Baca Juga: Punya Kulit Kering dan Bersisik? Ini 4 Vitamin yang Bisa Mengatasinya

3. Argan Oil

Argan Oil

Selanjutnya, argan oil juga bisa dijadikan bahan alami untuk membuat rambut lembut. Minyak alami yang bersumber dari ektrak buah argan ini memiliki kandungan kelembapan yang tinggi. Kandungan alami dalam beberapa produk hair care juga banyak menambahkan minyak argan, seperti shampoo, conditioner, serum, dan hair treatment lainnya.

Minyak argan murni bahkan efektif untuk mengatasi masalah kekeringan secara signifikan pada rambut. Anda cukup oleskan minyak argan pada rambut seminggu sekali untuk hasil rambut yang lembap, lembut, dan sehat.

4. Tea Tree Oil

Bahan alami membuat rambut lembut dan berkilau lainnya adalah tea tree oil. Seperti banyak orang tahu bahwa tea tree oil memiliki banyak manfaat di dunia kecantikan, khususnya rambut. Tea tree oil bersifat ringan dan menghidrasi untuk semua jenis rambut.

Manfaat yang dimiliki tea tree oil bagus untuk membuat rambut terasa halus, lembut, dan lembap. Untuk hasil lebih optimal, campurkan 4-5 tetes tea tree oil dan setengah cangkir gel lidah buaya ke dalam mangkuk. Oleskan secara merata dari akar hingga ujung rambut. Kemudian, Diamkan selama 30-45 menit sebelum dibilas menggunakan sampo dan air bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News