Ini 7 Jenis Pestisida Menurut Organisme Sasarannya

Sumber: Cybext,WHO
Jumat, 14 Januari 2022 | 15:37 WIB
Ini 7 Jenis Pestisida Menurut Organisme Sasarannya

ILUSTRASI. Ini 7 Jenis Pestisida Menurut Organisme Sasarannya

MOMSMONEY.ID - Saat merawat tanaman, menyirami dan memberi pupuk adalah keharusan yang tak boleh dilewatkan. Jika tidak, tanaman Anda akan mengalami masalah pertumbuhan yang tidak diinginkan. Namun, ada satu hal lagi yang tak boleh sampai terlewatkan, yakni pengendalian hama.

Pengendalian hama dapat dilakukan dengan menggunakan pestisida. Dilansir dari World Health Organization, pestisida adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh hama, termasuk serangga, tikus, jamur, dan tanaman yang tidak diinginkan (gulma).

Baca Juga: Gunakan 5 Bahan Alami Ini untuk Pestisida Organik Ramah Lingkungan

Ada lebih dari 1000 jenis pestisida yang digunakan di seluruh dunia. Namun, hanya beberapa saja yang sering digunakan. Untuk memudahkan Anda, dilansir dari Cybext, berikut 7 jenis pestisida menurut organisme sasarannya.

Insektisida

Insektisida merupakan pestisida yang digunakan untuk mengendalikan hama serangga secara umum, seperti wereng batang cokelat, penggerek batang, tungau, dan sebagainya. Insektisida juga betujuan untuk mencegah kembali munculnya hama serangga. Bahan aktif dari insektisida adalah Dharmabas 500 EC, Dharmacin 50 WP, Akatar 25 WG, Agrimec, Diazinon, dan sebagainya.

Fungisida

Fungisida adalah jenis pestisida untuk memberantas dan menghambat pertumbuhan jamur atau cendawan. Contoh fungisida seperti Score, Topsin, Anvil, Delsene, Policur, dan sebagainya.

Bakterisida

Bakterisida adalah jenis pestisida yang digunakan untuk mengendalikan penyakit tanaman karena bakteri, seperti penyakit layu bakteri, busuk bakteri, awar daun, dan lain-lain. Contoh bakterisida adalah plantomycin, puanmur, agrept, dan sebagainya.

Baca Juga: Tanaman Anda Tumbuh Kerdil? Ketahui 5 Penyebabnya

Molluskisida

Molluskisida diambil dari bahasa Yunani ‘molluscus’ yang berarti hewan berselubung tipis atau lembek. Dengan kata lain, molluskisida merupakan pestisida untuk membasmi siput. Contohnya seperti Bentan, Metapar, Kensida, Toksiput, dan lain-lain.

Herbisida

Jenis pestisida ini digunakan untuk membunuh dan mecegah gulma. Dengan penggunaan yang rutin dalam waktu tertentu, tanaman di dalam pertanian Anda akan semakin produktif tanpa terganggu gulma lagi. Herbisida yang dijual di pasaran adalah Gramoxon, Ali plus, Indamin, dan masih banyak lagi.

Rodentisida

Rodentisida merupakan pestisida yang berfungsi membunuh hewan pengerat sebagai hama, seperti tikus. Rodentisida yang dijual di pasaran seperti Klerat, Sidarat, Racumin, Ramoltal, dan masih banyak lagi.

Akarisida

Akarasida atau juga disebut mitesida merupakan pestisida yang berfungsi untuk mengendalikan hama kutu atau tungau pada tanaman. Selain itu, juga ada pedukulusida yang juga berfungsi untuk membutunuh kutu. Contohnya seperti Kelthane, Agridan, Marsal, Mitisun, dan sebagainya.

Selanjutnya: Yuk Simak, Ini Caranya Transfer Pulsa Telkomsel

Editor: Anggi Miftasha
Terbaru