HOME, Keluarga

Ingin Akuarium Terlihat Cantik dengan Substrat? Perhatikan Tipsnya Berikut Ini

Ingin Akuarium Terlihat Cantik dengan Substrat? Perhatikan Tipsnya Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Kerikil akuarium atau substrat yang ditempatkan di dasar tangki akan membuat akuarium menjadi lebih menarik. Substrat ini tersedia dalam berbagai warna dan ukuran, dari yang kecil dan berpasir, hingga batu sungai besar. Tak hanya memiliki manfaat estetika, substrat juga penting untuk membuat habitat ikan yang sehat.

Oleh karena itu, memilih substrat yang tepat akan memberikan dampak positif yang memengaruhi kualitas air, lingkungan, dan memengaruhi kesejahteraan makhluk di dalam akuarium. Karena substrat tidak mudah diubah seperti elemen lain di akuarium, sebaiknya Anda meluangkan waktu untuk memilih substrat dengan baik dan teliti.

Dilansir dari The Spruce Pets, berikut hal yang perlu diperhatikan dalam memilih substrat.

Baca Juga: Mengenal Substrat dan Manfaatnya untuk Akuarium

Sesuaikan Tema Dekorasi

Selain fungsinya untuk habitat ikan, substrat juga berkontribusi besar untuk daya tarik estetika keseluruhan akuarium. Oleh karena itu, Anda perlu memilih substrat yang sesuai dengan dekorasi lain seperti tanaman, batu, kayu apung, dan lainnya agar kombinasinya sesuai.

Dengan begitu, akuarium Anda akan lebih enak dipandang. Sebab, akuarium yang baik memiliki manfaat kesehatan yang positif bagi mereka yang memandangnya.

Bahan Substrat

Substrat tersedia dalam berbagai bahan, tetapi sebagian besar pemilik memilih kerikil standar yang biasa dijual di toko hewan peliharaan. Kerikil ini datang dalam berbagai ukuran, warna, dan bentuk. Sementara pasir mungkin merupakan jenis substrat lain yang paling banyak digunakan berikutnya.

Bila Anda memiliki spesies ikan yang suka tinggal di dasar lain, substrat pasir akan sangat cocok untuk dimiliki.

Substrat umum lainnya adalah karang hancur, yang memiliki efek meningkatkan pH dan meningkatkan kapasitas penyangga air. Ikan lemon atau chichlid Afrika membutuhkan kerikil yang tinggi kalsium yang dikenal sebagai argonat untuk membantu mengatur pH tangki mereka. Selain itu, batu sungai besar kadang-kadang juga digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan kerikil yang lebih kecil.

Jika Anda ingin memiliki tanaman air hidup, substrat yang biasa digunakan adalah laterit atau vermikulit. Bahan-bahan ini data menyimpan dan melepaskan nutrisi penting bagi tanaman hidup. Mereka biasanya digunakan sebagai lapisan paling bawah substrat dan ditutupi dengan lapisan kerikil.

Warna Substrat

Memilih warna substrat yang melengkapi ikan Anda, akan membantu menonjolkan warnanya. Namun, beberapa orang meyakini bahwa warna substrat yang dipilih harus meniru habitat alami.

Kendati demikian, tak ada salahnya untuk memilih warna-warna lain seperti merah muda cerah, biru neon, hijau, dan warna lainnya karena ini tidak akan secara langsung membahayakan penghuni akuarium.

Anda tak perlu khawatir karena sebagian besar ikan cukup mudah beradaptasi. Ikan akan hidup dengan baik terlepas dari warna substratnya, selama perawatan yang Anda berikan sudah tepat.

Baca Juga: Ternyata, Ini Penyebab Air Akuarium Bau Busuk

Kuantitas Substrat

Substrat umumnya diisi dengan ketebalan sekitar 5 cm. Ketebalan tambahan mungkin diperlukan bila ada tanaman hidup yang menghasilkan sistem akar yang kuat dan membutuhkan kedalaman media yang ekstra.

Bila menggunakan pasir, kedalamannya biasanya kurang lebih antara 2-4 cm. Ini juga berlaku untuk substrat kerikil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News