Harus Tahu! Inilah 4 Bagian Tubuh yang Sering Dilupakan Saat Memakai Sunscreen

Sumber: Harpers Bazaar
Jumat, 14 Januari 2022 | 13:36 WIB
Harus Tahu! Inilah 4 Bagian Tubuh yang Sering Dilupakan Saat Memakai Sunscreen

ILUSTRASI. Harus Tahu! Inilah 4 Bagian Tubuh yang Sering Dilupakan Saat Memakai Sunscreen

MOMSMONEY.ID - Biasanya, Anda hanya mengoleskan susncreen di area wajah, kaki dan tangan saja. Ternyata ada beberapa bagian tubuh juga perlu dioleskan sunscreen. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang mana dapat menyebabkan kerutan, flek hitam hingga kanker kulit.

Oleh karena itu, perlu Anda tahu bagian tubuh mana lagi yang perlu dioleskan sunscreen. Melansir dari harpersbazaar.co.id, berikut bagian tubuh yang sering dilupakan saat memakai sunscreen, yaitu: 

1. Bibir

Bagian tubuh yang sering dilupakan saat memakai susncreen yaitu bibir. Bibir juga membutuhkan produk sunscreen agar terhindar dari kerutan hingga kanker kulit. Centers for Disease Control and Prevention menyarankan untuk melindungi area bibir dari paparan sinar UV dengan menggunakan lip balm ber-SPF minimal 30 atau lebih tinggi.

Sama seperti pada area kulit lainnya, Anda juga perlu mengaplikasikan kembali lip balm ber-SPF setiap dua jam atau lebih sering, terutama setelah berenang, makan, minum, dan lainnya yang berpotensi menghilangkan perlindungan UV dari bibir Anda. 

2. Kelopak Mata

Bagian tubuh selanjutnya adalah kelopak mata. Mungkin Anda sangat jarang mengoleskan susncreen di area yang satu ini karena sensitivitas area. Ternyata, kulit disekitar mata cenderung tipis, sehingga rentan terhadap kanker kulit serta tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan sunspots.

Menurut para ahli, Anda bisa menggunakan mineral sunscreen yang mengandung titanium dioksida atau seng oksida yang diformulasikan khusus untuk kulit sensitif, atau menggunakan krim mata yang mengandung SPF sebagai alternatif sunscreen di kelopak mata.

Anda juga bisa menambahkan kaca mata agar membantu melindungi kelopak mata Anda dari tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh paparan sinar UV dan mengurangi risiko kanker kulit. 

Baca Juga: Lakukan 4 Cara Ini untuk Mengatasi Rambut Rontok Setiap Hari

3. Punggung Kaki

Selanjutnya, punggung kaki juga termasuk bagian tubuh yang sering dilupakan saat menggunakan sunscreen. Jika Anda memakai sepatu flat, sandal, atau sepatu model terbuka lainnya, punggung kaki Anda mungkin terpapar lebih banyak sinar matahari. Itulah alasan Anda perlu mengoleskan susncreen di punggung kaki. 

Namun, Anda juga tidak boleh melewatkan penggunaan sunscreen pada area bawah kaki. Area bawah kaki juga sangat mungkin terkena paparan sinar UV, contohnya, jika Anda berbaring tanpa alas kaki di pantai — yang dapat mengembangkan kanker kulit melanoma di area tersebut. 

4. Telinga

Bagian tubuh yang sering dilupakan lainnya adalah telinga. Melansir dari situs laman kesehatan, telinga adalah lokasi paling umum ketiga untuk mengembangkan kanker kulit. Oleh karena itu, aplikasikan sunscreen spektrum luas di area telinga secara menyeluruh, minimal SPF 30 atau lebih tinggi, untuk meminimalkan risiko kanker kulit. Selain itu, gunakan topi atau payung saat berada di luar ruangan untuk mengurangi risiko kanker kulit. 

Selanjutnya: Kasus Varian Omicron Tambah 66 di Indonesia, Total 572 Kasus

Editor: Rizka Noveliana
Terbaru