HOME, Bugar

Gejala Umum Cuma Batuk dan Pilek, Masyarakat Dihimbau Waspada Omicron

Gejala Umum Cuma Batuk dan Pilek, Masyarakat Dihimbau Waspada Omicron

MOMSMONEY.ID - Varian omicron covid-19 terus bertambah setiap harinya pada Januari 2022 ini. Diperkirakan puncak gelombang covid-19 omicron terjadi pada Februari hingga awal Maret 2022 Masyarakat diharapkan kenali gejala dan ciri-ciri covid-19 omicron agar bisa antisipasi.

CEO Smartcolab, Sari Pramono, menyatakan bahwa varian Omicron menjadi tantangan baru bagi seluruh masyarakat Indonesia, yang dimana ekonomi mulai tumbuh kembali. Akan tetapi, tantangan covid-19 series ini belum usai.

"Dengan gejala omricron yang hampir mirip dengan varian yang lainnya dan penularannya sangat begitu cepat, vaksin bosster dan 3T menjadi solusi yang terbaik hingga saat ini untuk menjamin keberlangsungan aktivitas yang sudah mulai normal lagi seperti saat ini," ungkap Sari dalam keterangan resminya.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Memakai Toner yang Benar, Bisa Anda Coba!

Dibanding dengan varian delta yang menyerang dengan gejala demam, sesak napas, dan batuk serta gejala tambahan seperti sakit kepala, sakit di saluran pendengaran, telinga berdenging atau linu di bagian dalam, gejala varian omicron umumnya berupa batuk dan pilek. Gejala ini cukup sulit dibedakan dengan gejala pilek biasa yang bukan infeksi virus corona, penularannya pun jauh lebih cepat.

"Pemberian vaksin dosis ketiga atau vaksin booster diberikan untuk usia 18 ke atas yang sudah menerima vaksin primer minimal lebih dari 6 bulan serta memprioritaskan kelompok lansia dan rentan. tujuan pemberian vaksin booster dilakukan karena antibodi manusia mengalami penurunan pasca pemberian vaksin dosis satu dan dosis dua setelah 6 bulan," ujar Sari.

Selain vaksin booster, strategis yang masih ampuh hingga saat ini yakni 3T, yaitu tracing (penelusuran), testing (pengujian), dan treatment (perawatan) dalam memerangi Covid-19.

Dengan melakukan pengujian melalui tes PCR atau Antigen Test secara bertahap dan massal dapat membantu untuk menentukan kebijakan yang pas dalam penanganan Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Resep Kenyalnya Bakso Cumi, Sajian Seafood yang Bikin Ketagihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News