ads

Fakta Unik Imlek yang Jarang Diketahui, Fakta Terakhir Bikin Kaget!

Reporter: Christ Penthatesia
Rabu, 26 Januari 2022 | 08:59 WIB
Fakta Unik Imlek yang Jarang Diketahui, Fakta Terakhir Bikin Kaget!

ILUSTRASI. Perayaan Tahun Baru China atau Imlek ternyata memiliki beberapa fakta unik yang tidak diketahui oleh banyak orang. KONTAN/Baihaki/23/01/2022


MOMSMONEY.ID - Perayaan Imlek yang jatuh pada tanggal 1 Februari tentunya akan dirayakan oleh orang-orang keturunan China di seluruh dunia.

Kebudayaan China yang masih mempercayai tradisi dan Feng Shui tentunya menyimpan banyak beberapa fakta menarik yang tidak diketahui banyak orang.

Baca Juga: Serba Merah, Ini Dia Makna Dibalik Warna yang Identik dengan Perayaan Imlek

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang Imlek atau perayaan Tahun Baru China yang tidak diketahui oleh banyak orang.

Disebut sebagai Spring Festival

Bagi masyarakat yang tinggal di China, Imlek juga disebut sebagai Spring Festival. Karena biasanya Imlek dirayakan saat awal musim semi yang menurut kalendar China jatuh di sekitar bulan Februari.

Tidak memiliki tanggal tetap

Imlek atau tahun baru China mengalami perubahan tanggal di setiap tahunnya tergantung dari perhitungan pada kalender China. Biasanya Imlek jatuh pada pertengahan Januari hingga Februari. 

Dalam perayaan Imlek yang dirayakan setiap tahun pun juga akan memiliki zodiak binatang menurut tradisi China yang berbeda beda.

Angpao

Tradisi merayakan Imlek tentunya menjadi salah satu perayaan tahun baru yang ditunggu anak-anak kecil keturunan China. Amplop merah berisi uang yang dikenal dengan angpao akan diterima oleh anak-anak kecil hingga dewasa yang belum menikah.

Pemberian angpao menurut laman Chinese New Year adalah sebagai tanda melakukan transfer rejeki dan keberuntungan dari yang tua kepada yang muda.

Baca Juga: Imlek Semakin Dekat, Siapkan 4 Makanan Khas Imlek Ini

Larangan memberi uang dalam jumlah ganjil

Memberikan uang atau angpao dalam jumlah ganjil juga menjadi salah satu hal tabu yang dilarang saat perayaan Imlek. Memberi uang dalam jumlah ganjil dipercaya tidak akan membawa keberuntungan bagi yang memberi maupun menerimanya.

Diadakan selama 16 hari

Secara tradisional, acara Spring Festival atau Imlek akan dilakukan secara terus menerus selama 16 hari. Yang dimulai dari tanggal dimulainya Imlek hingga 15 hari kedepannya.

Dekorasi akan tetap dipasang hingga perayaan selesai dan acara berkumpul bersama keluarga dan teman juga masih akan berlanjut hingga rangkaian acara selesai.

Larangan menyapu, mencuci, keramas dan membuang sampah

Menyapu, mencuci, keramas, dan membuang sampah dari rumah pada saat rangkaian perayaan Imlek berlangsung tidak boleh dilakukan oleh orang orang yang merayakannya.

Hal tersebut dipercaya akan membuang keberuntungan dan rejeki di tahun baru. Sehingga biasanya orang-orang akan disarankan untuk melakukan hal tersebut sebelum merayakan Imlek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru