ads

Cherophobia, Fobia Takut Bahagia, Ini Dia Penyebab dan Ciri-cirinya

Reporter: Christ Penthatesia
Selasa, 25 Januari 2022 | 09:49 WIB
Cherophobia, Fobia Takut Bahagia, Ini Dia Penyebab dan Ciri-cirinya

ILUSTRASI. Cherophobia adalah ketakutan untuk merasakan kebahagiaan yang kerap kali melanda orang-orang dengan trauma, pengalaman buruk, dan juga yang menghindari konflik.


MOMSMONEY.ID - Apakah Anda merasa sangat bahagia namun disisi lain merasakan takut? Apakah Anda pun pernah merasakan rasa takut untuk merasa bahagia?

Ternyata fenomena tersebut merupakan sebuah fenomena yang disebut dengan cherophobia. Cherophobia merupakan sebuah fenomena psikologi dimana adanya rasa takut akan mengalami kebahagiaan.

Seperti yang dilansir dari laman Wikipedia, cherophobia adalah sebuah perasaan takut yang dirasakan seseorang untuk bahagia hingga mereka melakukan berbagai cara untuk menghindari perasaan bahagia tersebut.

Baca Juga: Unik, Ini Dia Kepanjangan dari Nama Agensi Besar di Korea! Ada yang Sudah Tahu?

Seseorang yang mengalami cherophobia bukanlah orang yang selalu terlihat sedih, namun lebih tepatnya adalah orang-orang yang menjauhi banyak kegiatan yang memicu kesenangan mereka.

Leman Health Line menyatakan bahwa gejala yang mungkin dirasakan bagi orang yang mengalami cherophobia adalah merasakan kecemasan saat berada dalam keramaian atau aktivitas menyenangkan seperti menonton konser atau pesta.

Selain itu orang yang mengalami cherophobia juga cenderung menjauhi dan menolak undangan atau ajakan untuk mengikuti kegiatan yang menyenangkan.

Penyebab cherophobia ini adalah adanya ketakutan yang dirasakan bahwa setelah bersenang-senang mereka akan mengalami kesedihan.

Baca Juga: Arti Istilah AU yang Kerap Muncul di Twitter? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Sehingga siapa pun yang mengalami cherophobia akan cenderung menghindari merasakan momen-momen yang memicu kebahagiaan sebagai salah satu cara untuk mencegah datangnya kesedihan setelahnya.

Rasa takut tersebut pun juga biasanya dirasakan oleh orang-orang yang memiliki trauma akan masa lalunya. Hingga akhirnya mereka menggunakan cara tersebut untuk menghindari hal hal yang memicu kembali ketakutan mereka.

Bukan hanya seorang yang memiliki trauma, seorang perfeksionis juga kerap kali mengalami hal serupa. Hal tersebut dikarenakan akan kepercayaan mereka bahwa melakukan kegiatan senang-senang adalah salah satu hal yang tidak produktif.

Introvert pun juga rentan mengalami cherophobia lantaran mereka lebih nyaman untuk melakukan segalanya sendiri. Mereka akan berusaha sebisa mungkin menghindari kegiatan yang melibatkan banyak orang dan memungkinkan terjadinya konflik atau hal buruk yang menimpanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru