HOME, Keluarga

Cerdas dan Menggemaskan! Ini Informasi Tentang Ras Anjing Pomeranian

Cerdas dan Menggemaskan! Ini Informasi Tentang Ras Anjing Pomeranian

MOMSMONEY.ID - Anjing Pomeranian tak pernah terlewat dari daftar anjing impian para anggota keluarga. Dengan ukurannya yang mini, anjing pomeranian termasuk populer dipelihara karena sangat menggemaskan dan menyenangkan. Mereka anjing yang lincah, cerdas, dan tentu saja jinak. Lebih jauh, yuk kenali simak informasi tentang anjin ras satu ini!

Sejarah

Anjing Pomeranian merupakan keturunan anjing kereta luncur tipe spitz dari Islania dan Laplandia.  Dilansir dari Daily Paws, mereka diberi nama Pomerania karena sesuai dengan nama daerahnya yang terletak di Eropa Timur Laut yang sekarang menjadi bagian dari Polandia dan Jerman Barat.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Gigi Anjing Peliharaan Supaya Selalu Sehat

Popularitas ras ini meningkat ketika anggota keluarga kerajaan Inggris menyukainya. Ini terjadi pada akhir tahun 1800-an, ketika Ratu Victoria dari Inggris sedang dalam perjalanan ke Florence, Italia dan kepincut dengan anjing ini. Ratu Victoria membawa beberapa anjing pom dan mengembangkannya hingga memenangkan kompetisi dengan anjing pom yang lebih kecil.

Pada pergantian abad ke-20, anjing Pomeranian dibawa ke Amerika Serikat dan berhasil mendapat popularitas. Pertunjukan khusus Pomeranian pertama diadakan di Waldorf Astoria Hotel pada tahun 1911. Hingga sekarang, anjing Pomeranian kecil telah populer di seluruh dunia.  

Penampilan Fisik

Fisik pomeranian, memiliki tinggi sekitar 15-18 cm dengan berat hanya sekitar 1-3 kg. Bentuk kepalanya sekilas mirip seperti rubah yang berbentuk baji dengan telinga yang tegak. Mata mereka bulat dan berbentuk almond berwarna gelap, sama seperti hidungnya.

Anjing pomeranian memiliki bulu yang lebat, panjang halus, berkilau, dan kasar saat disentuh. Rambut yang lebih panjang berada di sekitar leher dan dada, membuatnya semakin sangat mewah. Bulu mereka juga hadir dalam beberapa warna dan pola beragam, seperti hitam, hitam-cokelat, cokelat, cokelat-krim, krim, oranye, putih, dan masih banyak lagi.  

Karakter

Anjing pomeranian memiliki watak yang waspada dan ingin tahu. Mereka dapat menghabiskan hari-hari mereka dengan hidup yang aktif, tetapi tidak hiperaktif. Mereka juga merupakan ras anjing yang cerdas dan dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan rumah tangga. Jika Anda melatihnya dengan tepat, anjing ini akan mempelajarinya dengan cepat.

Hati-hati untuk terlalu memberinya kebebasan karena anjing pomeranian memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemandirian. Mereka suka menjalajahi hal-hal baru dan lepas dari pengawasan.

Baca Juga: 6 Penyebab Anjing Mengalami Diare

Masalah Kesehatan

Sama seperti semua ras anjing, ada beberapa kondisi kesehatan yang rentan terhadap Pomeranian. Beberapa anjing ini menderita penyakit tiroid dan alergi. Mereka juga dapat mengembangkan epilepsi dan kejang. Sementara masalah umum lainnya berupa masalah mata, seperti katarak, mata kering, dan masalah saluran air mata. Namun, dengan perawtaan yang baik, Anda dapat mencegah masalah-masalah kesehatan tersebut.

Perawatan Khusus

Jika Anda adalah seseorang yang sibuk, anjing pomeranian dapat menjadi hewan peliharaan yang ideal karena mereka tidak terlalu rewel. Mereka juga dapat dipeliharaan di dalam ruangan yang tidak terlalu luas, seperti di dalam apartemen atau di rumah dengan halaman kecil (atau tanpa halaman sama sekali) karena tubuhnya kecil dan tidak memakan banyak ruang. Namun, berhati-hatilah karena mereka pandai menyelinap melalui celah atau memanjat pagar kecil.

Pomeranian juga memiliki bulu-bulu yang panjang, sehingga sangat penting untuk memperhatikan kesehatan bulunya setiap hari. Anda dapat menyisirnya secara rutin, mandi, dan memberikan nutrisi yang tepat untuk merawat kesehatan bulunya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News