ads

Catat! Inilah 6 Aktivitas yang Dianggap Tabu Saat Perayaan Tahun Baru Imlek

Reporter: Christ Penthatesia
Kamis, 27 Januari 2022 | 08:54 WIB
Catat! Inilah 6 Aktivitas yang Dianggap Tabu Saat Perayaan Tahun Baru Imlek

ILUSTRASI. Keramas atau mencuci rambut merupakan salah satu hal tabu yang sebaiknya tidak dilakukan saat merayakan tahun baru Imlek.


MOMSMONEY.ID - Perayaan tahun baru Imlek tak hanya lekat pada hal-hal baik saja. Ada juga beberapa hal-hal tabu yang harus dihindari saat merayakan tahun baru Imlek.

Tentu saja hal tabu tersebut sebaiknya jangan dilakukan agar terhindar dari hal-hal buruk yang dipercaya oleh kepercayaan dan tradisi China.

Apa sajakah hal-hal tabu yang sebaiknya tidak dilakukan saat perayaan tahun baru Imlek? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Fakta Unik Imlek yang Jarang Diketahui, Fakta Terakhir Bikin Kaget!

Keramas

Mencuci rambut atau memotong rambut saat perayaan tahun baru Imlek sebaiknya dihindari. Hal tersebut dipercaya dapat menghilangkan keberuntungan yang didapatkan saat tahun baru Imlek.

Karena rambut dalam bahasa mandarin memiliki arti yang sama dengan kekayaan. Sehingga sebaiknya cuci dan potonglah rambut sebelum merayakan perayaan tahun baru Imlek.

Meminum obat

Laman China Highlights menjelaskan dalam lamannya bahwa meminum obat atau menyiapkan obat di hari pertama saat merayakan tahun baru Imlek merupakan hal tabu.

Meminum obat di saat perayaan tahun baru Imlek dipercaya nantinya akan membuat orang tersebut bisa sakit sepanjang tahun.

Memakan bubur

Memakan bubur sebagai menu sarapan saat merayakan tahun baru Imlek juga sebaiknya dihindari.

Baca Juga: Sambut Imlek Lebih Menawan dengan Mempraktikkan 7 Tips Kecantikan ala Tiongkok Ini

Dalam tradisi China, bubur hanya dimakan sebagai menu sarapan orang-orang miskin. Sehingga memakan bubur sebagai menu sarapan dipercaya akan membawa doa buruk di awal tahun baru.

Memecahkan barang

Memecahkan barang seperti gelas, piring, kaca, dan mangkuk merupakan hal tabu untuk dilakukan saat merayakan tahun baru Imlek.

Hal tersebut dipercaya akan membawa hal buruk seperti kehilangan uang, masalah keluarga, dan kesialan. Jika ada barang yang pecah secara tidak sengaja, gunakanlah pembungkus berwarna merah untuk membersihkannya.

Mencuci baju

Dalam tradisi China, orang-orang China tidak mencuci baju mereka di hari pertama dan kedua perayaan tahun baru Imlek. Karena pada hari tersebut dipercaya sebagai hari kelahiran Dewa Air dalam tradisi China. Sehingga mencuci baju bisa dikatakan adalah hal yang kurang sopan dan tidak menghormati Dewa Air.

Air juga merupakan salah satu simbol kekayaan, mencuci baju yang tentunya menggunakan air sama dengan membuang rejeki atau kekayaan yang didapat di tahun baru.

Menyapu dan membuang sampah

Menyapu dan membuang sampah saat merayakan tahun baru Imlek juga merupakan hal tabu untuk dilakukan.

Hal tersebut disebabkan karena menyapu dan membuang sampah pada saat perayaan tahun baru Imlek menyimbolkan membuang atau menyingkirkan rejeki dan keberuntungan di tahun baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru