HOME, Keluarga

Bikin Keren, Simak 4 Tips Memajang Benda Koleksi di Rumah

Bikin Keren, Simak 4 Tips Memajang Benda Koleksi di Rumah

MOMSMONEY.ID - Mengoleksi benda-benda tertentu dapat menjadi hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang. Namun, jika disimpan begitu saja, benda-benda yang Anda koleksi kadang malah terasa seperti sampah yang menumpuk dan memenuhi rumah.

Nah, untuk mengatasi masalah itu, benda-benda koleksi tersebut bisa dipajang di sudut-sudut tertentu di rumah Anda, lo. Bahkan, jika dipajang dan ditata dengan benar, benda koleksi akan turut mempercantik dan meningkatkan estetika di dalam rumah.

Bagaimana caranya memajang benda koleksi di rumah supaya tidak terkesan norak dan berlebihan? Yuk, simak tips berikut ini!

Baca Juga: Benda-Benda yang Bikin Dekorasi Rumah Terlihat Mewah, Apa Saja?

Kelompokkan benda-benda tertentu

Dikutip dari bhg.com, coba letakkan beberapa benda tertentu sehingga terlihat berkelompok. Misalnya, gunakan keranjang untuk meletakkan koleksi keramik, gunakan nampan untuk meletakkan koleksi pernak-pernik mungil, atau letakkan beberapa tanaman kecil sekaligus di sudut ruangan.

Selain terlihat rapi, pengelompokan seperti ini juga dapat menimbulkan kesan yang menyenangkan saat dipandang. Supaya kesan yang ditampilkan makin cantik, kelompokkan barang-barang tersebut dalam jumlah yang ganjil, misalnya tiga atau lima.

Ciptakan keseimbangan visual

Selanjutnya, Anda perlu menciptakan keseimbangan visual supaya koleksi yang dipajang terlihat makin menarik untuk dilihat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan keseimbangan tersebut. Selain menata barang koleksi dalam jumlah ganjil seperti poin di atas, Anda juga bisa mengombinasikan barang-barang berukuran kecil dan besar sekaligus. Untuk menghindari kesan ramai, usahakan mengombinasikan barang-barang dengan warna yang senada.

Baca Juga: Yuk, Pahami Arti Warna Kuning untuk Dekor Rumah dalam Feng Shui!

Bermain dengan warna

Untuk membantu benda-benda koleksi terlihat menonjol saat dipajang, Anda dapat bermain-main dengan warnanya.

Misalnya, gunakan rak berwarna gelap untuk memajang benda-benda berwarna terang sehingga terlihat kontras. Atau, gunakan pajangan berupa lukisan berwarna-warni pada dinding berwarna polos untuk menambahkan aksen warna yang semarak.

Baca Juga: 4 Tips Bikin Perpustakaan di Rumah, Simpel dan Nyaman!

Gunakan tempat pajangan yang bervariasi

Dilansir dari hgtv.com, Anda bisa menggunakan tempat yang bervariasi untuk memajang benda-benda koleksi di rumah supaya tidak terlihat monoton dan membosankan.

Sebagai contoh, beberapa benda seperti jam dinding, lukisan, hingga album-album vinyl bisa dipajang di dinding rumah, pernak-pernik seperti action figure dan suvenir bisa diletakkan di atas rak ambalan, dan benda-benda pecah belah bisa ditempatkan di rak kaca yang tertutup.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat memajang benda-benda koleksi di rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News