HOME, Keluarga

Begini Cara Merawat Gigi Anjing Peliharaan Supaya Selalu Sehat

Begini Cara Merawat Gigi Anjing Peliharaan Supaya Selalu Sehat

MOMSMONEY.ID - Sama seperti manusia, anjing juga membutuhkan perawatan gigi secara teratur untuk menjaga kesehatannya. Namun sayangnya, kesehatan gigi anjing sering terabaikan dan menyebabkan masalah di sekitar gigi (pariodontal). Tanda-tanda penyakit periodontal anjing biasanya terjadi saat anjing berusia tiga tahun.

Penyakit periodontal dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang serius, sehingga sangat penting untuk menjaga kebersihan mulutnya. Dilansir dari Wellpets.com, berikut 4 cara merawat gigi anjing peliharaan supaya selalu sehat.

Baca Juga: 6 Penyebab Anjing Mengalami Diare

Membersihkan Gigi Setiap Hari

Membersihkan gigi sebenarnya adalah perawatan dasar dalam memelihara anjing. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan mulut anjing Anda. Membersihkan gigi dapat dilakukan dengan menyikat giginya setiap hari atau dalam waktu kurang dari 24-36 jam.

Pastikan Anda menggunakan sikat gigi hewan peliharaan yang lembut atau sikat gigi jari dengan pasta gigi yang sesuai untuk hewan peliharaan. Namun, jika anjing menolak dengan pasta gigi anjingnya, Anda cukup membersihkannya dengan menyikat tanpa pasta gigi. Mulailah kebiasaan menyikat gigi ini sejak anjing masih kecil, sehingga dia akan terbiasa.

Pemeriksaan Gigi Secara Reguler

Selain membersihkan giginya secara mandiri dan rutin, Anda dapat menjadwalkan pemeriksaan dan pembersihan gigi dengan dokter gigi hewan Anda. Terutama bagi anjing yang berusia di atas tiga tahun. Meski lebih mahal, pembersihan gigi dengan dokter akan lebih maksimal. Dokter hewan Anda akan lebih berpengalaman dalam mencegah, menemukan, dan menangani masalah apa pun yang mungkin luput dari perhatian pemilik anjing.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Tentang Ras Anjing Pomeranian

Jenis Makanan yang Tepat

Memberi makanan kering ternyata lebih baik untuk kesehatan gigi anjing Anda daripada makanan lunak. Sebab, makanan kering dapat mengikis karang gigi saat mereka makan. Sementara makanan lunak lebih cenderung menempel pada gigi dan menyebabkan plak menumpuk lebih cepat. Selain itu, ada kibble khusus yang dapat membersihkan gigi anjing lebih baik.

Berikan Mainan Kunyah dan Cemilan yang Meningkatkan Kesehatan Mulut

Selain merekomendasikan makanan kering untuk kebaikan gigi anjing, Anda juga dapat memberikannya mainan mengunyah untuk menjaga kebersihan gigi dan gusi anjing Anda. Kunyahan gigi anjing juga dapat membantu membersihkan bagian belakang mulut anjing di mana mereka melakukan semua kegiatan mengunyah di sana, tetapi ini tidak dapat mengganti kegiatan sikat gigi rutinnya.

Beberapa cemilan anjing juga dibuat khusus untuk menghilangkan penumpukan plak dan sering kali mengandung bahan-bahan yang menyegarkan napas. Produk ini akan sangat membantu Anda bila anjing menolak sama sekali dengan kegiatan menggosok gigi. Cemilan ini tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan rasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News