HOME, Keluarga

Begini Cara Mengatasi Anjing yang Sembelit

Begini Cara Mengatasi Anjing yang Sembelit

MOMSMONEY.ID - Kebanyakan anjing akan menghasilkan kotoran setidaknya sekali dalam sehari. Mereka biasanya memiliki jumlah kotoran yang sesuai dengan jumlah makannya sehari-hari. Namun, anjing juga rentan dengan masalah sembelit. Mereka akan kesulitan buang air besar, mengejan terlalu keras, jongkok lebih lama, dan masalah lain yang menyertai saat terjadi sembelit.

Sebagian besar kasus sembelit pada anjing, sebenarnya mudah untuk diobati. Asalkan pemilik tidak telat menyadarinya dan anjing segera mendapat penanganan. Selama anjing Anda tidak memiliki riwayat penyakit yang serius, sembelit dapat diatasi dengan perawatan harian yang baik. Dilansir dari Petmd, berikut cara mengatasi anjing yang sembelit.

Baca Juga: Bolehkah Hewan Anjing Makan Kacang-Kacangan?

Tingkatkan Asupan Air Anjing

Kebanyakan kasus sembelit disebabkan oleh anjing yang dehidrasi, maka cara terbaik untuk mengatasinya adalah meningkatkan asupan air minumnya sehari-hari. Selain itu, memberi makan makanan kaleng dan bahkan untuk sementara mencampur sedikit air tambahan adalah cara sederhana untuk memastikan anjing Anda mendapat minum yang cukup sepanjang hari. Bagi anjing senior, Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk memberikan akses air minum yang lebih mudah dijangkau.

Beri Lebih Banyak Serat di Makanannya

Memberi menu berserat memang baik untuk anjing yang sembelit. Akan tetapi, mungkin bisa memperburuk untuk kondisi yang lain. Oleh karena itu, sebaiknya mulai dengan jumlah kecil dan terus pantau perkembangan sembelit anjing.

Anda dapat memberikan dua opsi pilihan untuk memberi asupan serat pada anjing. Pertama, labu murni kalengan (atau buah labu yang dihaluskan). Ini dapat diberikan sebanyak 1 sendok teh dicampur setiap kali anjing makan. Kedua, psyllium (tanpa rasa). Ini dapat diberikan 1 setengah sendok teh per 10 pon berat badan anjing, dicampur dengan makanan sebanyak sekali sehari.

Baca Juga: Cerdas dan Menggemaskan! Ini Informasi Tentang Ras Anjing Pomeranian

Jalan-Jalan Lebih Banyak

Jika anjing Anda mengalami sedikit kesulitan buang air besar, pertimbangkan untuk mengajaknya jalan-jalan santai di pagi atau sore hari. Aktivitas fisik dapat membuat saluran pencernaan menjadi sehat. Namun, tetap pastikan anjing Anda terhidrasi dengan baik terlebih dahulu. Melakukan permainan-permainan ringan seperti lempar tangkap juga dapat membantu.

Minta Bantuan Dokter Hewan

Langkah paling akhir ketika kondisi sembelit tidak membaik adalah menghubungi dokter hewan. Dokter hewan akan dengan baik merekomendasikan Anda obat pencahar anjing dan produk lain yang mungkin Anda butuhkan. Suplemen probiotik mungkin juga dapat digunakan setelah sembelit telah diperbaiki.

Beberapa anjing mungkin akan memerlukan rawat inap saat menjalani enema atau mengganti cairan untuk memperbaiki dehidrasi. Sementara kasus yang lebih serius akan memerlukan perawatan tambahan, seperti pembedahan, manajemen medis atau diet seumur hidup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News