HOME, Keluarga

Baru Pindah ke Rumah Baru? Hindari Kesalahan Dekorasi Ini

Baru Pindah ke Rumah Baru? Hindari Kesalahan Dekorasi Ini

MOMSMONEY.ID - Bagi Anda yang baru saja menempati rumah baru, kegiatan mendekorasi rumah yang masih kosong tentu menjadi salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu.

Sama seperti mendekorasi rumah pada umumnya, rumah baru tak boleh didekorasi sembarangan. Ada beberapa kesalahan yang sebaiknya dihindari supaya rumah baru Anda tampil menawan dan nyaman ditempati.

Nah, kira-kira kesalahan dekorasi apa saja yang sering dilakukan pemilik rumah baru? Ini dia penjelasannya.

Baca Juga: Simak Yuk! Ini Trik Mendekorasi Rumah yang Ramah Lingkungan

Membeli semua barang sekaligus

Dikutip dari newhomesource.com, para pemilik rumah baru biasanya akan membeli barang seperti furnitur dan dekorasi dalam jumlah banyak sekaligus supaya rumah baru mereka cepat terisi.

Walaupun terdengar praktis, sebenarnya langkah ini tidak disarankan. Sebab, barang-barang yang terlalu banyak dapat menyebabkan rumah terlihat berantakan. Bahkan, dekorasi yang digunakan bisa saja terlihat tidak serasi saat dipadukan.

Untuk mengatasinya, rencanakan terlebih dahulu apa saja furnitur yang dibutuhkan. Beli furnitur mendasar seperti kasur atau sofa, lalu pikirkan apa saja furnitur atau dekorasi yang cocok untuk melengkapinya.

Tidak mengukur ruangan

Melansir Realtor, Anda perlu mengukur suatu ruangan sebelum mengisinya dengan furnitur pilihan Anda.

Mengukur ruangan tidak hanya bertujuan untuk memastikan furnitur tersebut akan muat di ruangan yang dipilih, tapi juga memastikan furnitur tersebut terlihat proporsional dan cocok diletakkan di rumah.

Selain mengukur ruangan, ukur juga lebar pintu dan area yang menuju ke ruangan tersebut supaya furnitur mudah dimasukkan atau dipindah-pindahkan di dalam rumah.

Baca Juga: Pahami Kelebihan dan Kekurangan Wallpaper, Wajib Tahu Sebelum Pasang!

Mendekorasi rumah secara berlebihan

Karena rumah baru cenderung terlihat kosong, banyak pemilik rumah yang berusaha “mengisi” rumah dengan berbagai dekorasi. Alhasil, rumah akan terlihat penuh dan berantakan sehingga tidak enak dipandang.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda menggunakan prinsip “less is more” atau “lebih sedikit lebih baik” saat mendekorasi rumah baru.

Apa maksudnya? Dilansir dari mymortgageinsider.com, tampilan rumah yang didekorasi secara sederhana dan secukupnya akan membuat rumah lebih lega dan nyaman ditempati. Jadi, pastikan Anda tidak mendekorasi rumah secara berlebihan.

Baca Juga: Mencari Inspirasi Rumah Mewah? Tengok Drakor Ini, Yuk!

Meniru katalog dekorasi rumah

Katalog dekorasi rumah yang banyak dijumpai di toko-toko furnitur memang terlihat keren dan nyaman ditempati. Namun, sebaiknya Anda tidak benar-benar meniru penataan furnitur dan dekorasi seperti pada katalog-katalog tersebut.

Mengapa? Sebab, penataan rumah seperti katalog malah akan membuat rumah Anda terlihat kaku dan dingin. Sebaiknya, kombinasikan beberapa hal yang bersifat unik dan personal sehingga rumah akan terasa lebih nyaman dan homey.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan saat mendekorasi rumah baru. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News