ads

Arti Istilah AU yang Kerap Muncul di Twitter? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Reporter: Christ Penthatesia
Senin, 24 Januari 2022 | 10:14 WIB
Arti Istilah AU yang Kerap Muncul di Twitter? Simak Penjelasannya Berikut Ini

ILUSTRASI. Membaca AU atau Alternate Universe di Twitter bisa menjadi aktivitas membaca yang seru dan menyenangkan.


MOMSMONEY.ID - Di era yang semakin maju dan modern ini, banyak bermunculan istilah-istilah baru yang digunakan anak-anak muda dalam berkomunikasi.

Beberapa istilah populer di dunia maya dan sosial media terus bermunculan setiap hari, seperti salah satunya adalah istilah AU yang populer di Twitter.

Au sendiri menurut Urban Dictionary adalah singkatan dari Alternate Universe atau alternative semesta lain yang digunakan dalam forum fan fiction.

Baca Juga: Pengen Jadi Novelis? Coba Tulis Ceritanya di Beberapa Aplikasi Menulis Novel Ini Yuk!

Biasanya penulis AU akan menggunakan salah satu bias atau idolanya yang terkenal dan membuat mereka menjadi tidak terkenal seolah-olah adalah orang biasa yang menjalani hidup normal.

Cerita cerita AU biasanya menceritakan kehidupan orang terkenal dalam dimensi yang berbeda. Seperti misalnya personel boy grup BTS yang digambarkan di Indonesia dan bersekolah di Indonesia yang kemudian memiliki kisah cinta layaknya orang Indonesia.

AU sendiri menjadi populer dan banyak ditemukan di Twitter. Cerita AU nantinya akan ditulis oleh salah satu pengguna Twitter dalam sebuah thread Twitter yang dibuat berurutan.

Melansir dari laman Cyber Definition, cerita-cerita dari AU kebanyakan hanya dapat dinikmati oleh orang-orang dari usia remaja hingga dewasa.

Laman Fanlore juga mencatat bahwa kebanyakan AU memiliki peminat yang menyukai budaya Kpop maupun Anime yang tentunya didominasi oleh anak muda.

Baca Juga: Daftar Film Indonesia yang Berhenti Tayang di Netflix Minggu Ini

Yang mebuat AU berbeda dengan karya fan fiction pada umumnya adalah adanya perubahan latar belakang dari idol atau karakter yang dibuat oleh penulisnya.

Sedangkan pada karya fan fiction lainnya, biasanya tidak menyertakan perubahan latar belakang dari karakter idola yang dipilih oleh penulisnya.

Sehingga AU bisa memberikan perasaan lebih dekat dan relatable dengan kehidupan pembacanya yang tidak bisa didapatkan dalam karya fan fiction pada umumnya.

Beberapa grup Kpop yang kerap dijadikan karakter dalam pembuatan AU adalah member atau personel band BTS, NCT, Treasure, Blackpink, hingga TWICE.

Karakter dalam AU pun juga kadang mengkolaborasikan dua fandom dalam satu cerita. Seperti misalnya karakter utama pria dari grup BTS sedangkan karakter utama wanita merupakan member dari TWICE. Sehingga kreatifitas dari jalan cerita yang disajikan lebih besar dan lebih luas dibanding karaya fan fiction biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru