ads

Apa Itu Sinking Fund? Berikut Ini Keuntungan dan Cara Melakukan Metode Tersebut

Reporter: Christ Penthatesia
Selasa, 25 Januari 2022 | 09:47 WIB
Apa Itu Sinking Fund? Berikut Ini Keuntungan dan Cara Melakukan Metode Tersebut

ILUSTRASI. Menabung dengan metode Sinking Fund dapat dilakukan dengan menggunakan tabungan konvensional maupun tabungan di rekening bank. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


MOMSMONEY.ID - Bagi yang sudah mengatur keuangannya sendiri pastinya sudah tidak asing dengan istilah sinking fund.

Namun, tak jarang pula ada yang masih awam dengan istilah sinking fund. Sinking fund merupakan tabungan lain yang berbeda dengan dana darurat.

Perbedaan yang dapat dibedakan adalah dalam sinking fund, ada kejelasan dari tujuan menabung uang. Seperti contohnya untuk menabung, untuk membeli emas, untuk investasi, atau untuk membeli kado dan liburan.

Baca Juga: Rekomendasi Pekerjaan Untuk Mahasiswa, Tambah Ilmu Sekaligus Cuan

Berbeda dengan dana darurat yang ditujukan untuk berjaga jaga jika suatu hari uang atau tabungan tersebut dibutuhkan.

Melansir dari laman Investopedia, pada awalnya sinking fund digunakan untuk menyisihkan sebagian uang dari pendapatan untuk membayar hutan atau cicilan.

Yang dalam sejarahnya, istilah ini mulai digunakan di Inggris Raya pada abad ke 18 yang ditujukan untuk membantu mengurangi hutang Negara.

Sinking fund sendiri lebih dipilih karena memiliki resiko yang rendah dalam mengurangi hutang atau penggunaan metode pembayaran kredit.

Karena metode ini akan membuat pelakunya menyisihkan sebagian dari uang yang diperolehnya untuk ditabung dan dibelanjakan sesuai dengan kebutuhan yang ingin dipenuhi.

Sehingga baik perusahaan maupun personal dapat menggunakan metode sinking fund untuk keperluan yang diinginkan.

Baca Juga: Pentingkah Mahasiswa Bekerja Part Time? Berikut Ini Beberapa Keuntungannya

Dalam menjalankan metode sinking fund sendiri, biasanya akan ada alokasi uang yang harus dimasukan dalam tabungan sesuai dengan goal total yang ingin diperoleh.

Misalnya Anda ingin berlibur di akhir tahun dan membutuhkan budget sebanyak 5 juta. Maka setiap bulannya Anda harus menyisihkan uang sejumlah 417 ribu setiap bulannya dalam tabungan sinking fund liburan Anda.

Metode menabung pun dapat disesuaikan dengan kemampuan. Jika menabung 400 ribu perbulan dirasa berat maka dapat dicicil dengan menyisihkan uang kurang lebih 15 ribu setiap harinya.

Sinking fund juga memiliki kelebihan yaitu tidak akan mengganggu tabungan lain maupun dana darurat yang telah dimiliki. Metode menabung ini pun tidak akan memberikan efek pada tabungan utama ketika ingin digunakan.

Dengan berbagai keuntungan yang didapatkan dari sinking fund, sudahkan Anda menerapkan metode ini untuk menabung?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Christ Penthatesia

Terbaru