HOME, Santai

Anda Harus Tahu! ini Dia 4 Tips Mudah Mencegah Maag Saat Sedang Diet

Anda Harus Tahu! ini Dia 4 Tips Mudah Mencegah Maag Saat Sedang Diet

MOMSMONEY.ID - Menjaga pola makan yang sehat tentunya menjadi salah satu cara tercapainya sebuah program diet. Pada umumnya, program diet membatasi konsumsi makanan demi mendapatkan berat tubuh yang ideal.

Tah heran, kalau banyak penderita maag terkadang merasa takut dan cemas untuk melakukan diet. 

Tapi tak perlu khawatir, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah maag saat melakukan diet.

Baca Juga: Moms Wajib Punya! Ini Dia 7 Jenis Bra yang Wajib Ada di Lemari Perempuan

Menghindari konsumsi makanan pedas dan kopi 

Melansir dari laman Health Line, maag bisa dipicu dari makanan-makanan yang bisa memperburuk keadaannya. Seperti alcohol, kopi, makanan pedas, dan makanan yang bersifat asam lainnya.

Mengurangi makanan pedas dan bersifat asam saat perut kosong sebaiknya dihindari. Begitu juga dengan minum kopi, usahakan untuk mengkonsumi makanan tersebut saat perut tidak dalam kondisi kosong.

Makan teratur

Salah satu kebiasaan yang harus dibiasakan agar terhindar dari maag adalah makan teratur. Pastikan untuk mengatur jadwal makan secara teratur agar tehindar dari maag.

Konsumsi juga makanan yang sehat dan banyak mengandung serat agar infeksi bakteri Helicobackter Pylori penyebab maag dan inflamasi dapat dihindari.

Baca Juga: Cherophobia, Fobia Takut Bahagia, Ini Dia Penyebab dan Ciri-cirinya

Konsumsi serat dan vitamin

Banyak jenis dan sumber makanan sehat dan vitamin yang dapat dikonsumsi sebagai menu diet dan tidak menyebabkan munculnya maag. Tentunya sayur dan buah-buahan menjadi sumber makanan utamanya.

Seperti yang dilansir dari laman Medical News Today, prebiotik dalam kimchi dan makanan fermentasi lainnya merupakan makanan sehat yang bisa mencegah berkembangnya infeksi bakteri di perut.

Makan dalam porsi kecil

Makanlah dalam porsi kecil namun sering daripada mengkonsumsi makanan dalam porsi banyak yang malah mengakibatkan inflamasi seperti yang disarankan dari laman Greatist.

Selain itu imbangi juga dengan mengkonsumsi banyak air putih untuk membantu melancarkan proses pencernaan makanan dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News