Air Fryer vs Oven Listrik, Mana yang Memasak Makanan Lebih Baik?

Reporter: Kania Paramahita
Jumat, 14 Januari 2022 | 15:50 WIB
Air Fryer vs Oven Listrik, Mana yang Memasak Makanan Lebih Baik?

ILUSTRASI. Berikut perbandingan antara air fryer dan oven listrik.

MOMSMONEY.ID - Belakangan ini, air fryer sudah menjadi salah satu alat dapur yang umum dijumpai di dapur Indonesia.

Walaupun termasuk populer, nyatanya masih ada orang-orang yang meragukan alat ini karena cara kerjanya yang disebut-sebut mirip dengan oven.

Kalau begitu, perlukah Anda membeli air fryer jika sudah punya oven listrik di rumah? Apa saja hal yang membedakan keduanya, dan mana yang lebih baik jika dibandingkan?

Supaya Anda tidak bingung lagi, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Air Fryer Low Watt yang Terjangkau dan Ramah di Dompet

Cara Kerja

Dilansir dari Taste of Home, air fryer adalah alat yang memasak makanan dengan cara memutarkan udara panas ke sekeliling permukaan makanan yang diletakkan di dalamnya.

Udara panas yang digerakkan pada sekeliling permukaan makanan pada prinsipnya mirip dengan energi yang mengelilingi makanan saat digoreng dengan minyak panas. Jadi, air fryer bisa menghasilkan makanan yang renyah tanpa harus menggoreng dengan minyak.

Sementara itu, oven listrik menggunakan elemen pemanas di bagian dalamnya untuk menghantarkan panas secara perlahan pada makanan yang sedang dimasak. Pada beberapa jenis oven, udara panas ini diputarkan ke sekeliling makanan, sehingga mirip dengan cara kerja air fryer.

Kapasitas

Mengutip laman Philips UK, air fryer biasanya memiliki ukuran dan kapasitas yang cukup kecil, antara 1,5 hingga 2 liter. Namun, ada juga beberapa air fryer yang memiliki kapasitas cukup besar sehingga dapat memasak makanan yang lebih banyak, misalnya sekitar 4 hingga 6 liter.

Bila dibandingkan, oven listrik jelas memiliki kapasitas yang lebih besar. Umumnya, oven listrik berukuran standar memiliki kapasitas mulai dari 10-20 liter, sehingga dapat memuat berbagai jenis makanan sekaligus dan memuat makanan dalam jumlah yang lebih banyak.

Baca Juga: 6 Tips Menggunakan Oven Listrik dengan Tepat, Bikin Masakan Matang Merata

Penggunaan Daya

Umumnya, air fryer memiliki daya listrik pada kisaran 1400-2100W. Namun, ada juga beberapa air fryer dengan fitur low watt dengan daya listrik sekitar 650W hingga 800W.

Sementara itu, oven listrik biasanya memiliki daya listrik yang tidak jauh berbeda dengan air fryer, yaitu sekitar 1000W hingga 1500W. Bahkan, ada beberapa oven listrik yang memiliki daya listrik yang lebih rendah, mulai dari 400W hingga 800W.

Waktu Memasak

Berbeda dengan penggorengan biasa, menggoreng makanan dengan air fryer umumnya butuh waktu yang sedikit lebih lama. Biasanya, Anda akan dianjurkan untuk melakukan preheat atau memanaskan bagian dalam air fryer terlebih dulu supaya makanan matang dengan lebih cepat dan merata nantinya.

Sama dengan air fryer, oven biasanya juga perlu dipanaskan terlebih dahulu untuk memastikan makanan akan matang merata. Namun, jika dibandingkan, memanaskan oven akan butuh waktu yang lebih lama daripada air fryer.

Nah, itulah beberapa perbandingan antara air fryer dengan oven yang perlu Anda ketahui. Bagaimana, sudah tahu alat dapur mana yang kira-kira lebih cocok untuk kebutuhan Anda?

Selanjutnya: Kasus Omicron Terus Bertambah, Kemenkes Perkuat Pelaksanaan 3T

Editor: Kania Paramahita
Terbaru