HOME, Keluarga

7 Trik Menghilangkan Bau Cat yang Tajam, Hindari Gangguan Pernapasan!

7 Trik Menghilangkan Bau Cat yang Tajam, Hindari Gangguan Pernapasan!

MOMSMONEY.ID - Dari beragam cara yang bisa dilakukan untuk mendekorasi rumah, mengecat dinding merupakan salah satu cara yang paling mudah sekaligus menyenangkan.

Namun, di balik semua kesenangan tersebut, mengecat dinding kadang terasa menyebalkan karena bau cat yang menyengat dan kerap membuat pusing. Bahkan, bau cat tersebut kadang masih menempel setelah lapisan cat dinding mengering.

Bau menyengat dari cat tersebut disebabkan oleh Volatile Organic Compounds atau VOC, yaitu salah satu zat yang terkandung dalam bahan cat dinding. Jika terhirup dalam jumlah banyak, VOC bisa membahayakan kesehatan Anda, lo.

Baca Juga: 4 Tips Membersihkan Rumah Setelah Mudik Lebaran

Oleh karena itu, bau cat dinding yang menyengat sebaiknya diatasi dengan segera. Yuk, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui trik mudah dalam mengatasi bau cat dinding!

Kipas angin dan jendela

Dikutip dari Country Living, membuka pintu dan jendela lebar-lebar saat mengecat dinding dapat membantu melancarkan sirkulasi udara sehingga bau menyengat akan mudah keluar. Namun, jika baunya dirasa masih menyengat, coba pasang kipas angin yang diarahkan ke jendela dan pintu.

Air dan lemon

Meletakkan ember yang diisi air di ruangan yang baru saja dicat ternyata dapat membantu menetralisir bau cat yang menyengat. Cukup biarkan ember tersebut semalaman supaya baunya terserap oleh air. Sebagai tambahan, Anda bisa menambahkan irisan dan air lemon supaya udara terasa lebih segar.

Cuka

Cuka mengandung zat bernama asam asetat yang dapat menetralisir bau menyengat dari cat dinding. Cukup tuang cuka di mangkuk kecil dan letakkan di ruangan yang baru saja dicat, lalu biarkan selama beberapa jam atau semalaman.

Baca Juga: 3 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Deterjen, Bikin Pakaian Kurang Bersih!

Soda kue

Sama seperti cuka, soda kue atau baking soda juga mampu menyerap dan menetralisir bau cat dinding yang menyengat. Tuang soda kue di beberapa mangkuk kecil, lalu letakkan di ruangan yang baru saja dicat dan biarkan selama beberapa jam.

Arang

Melansir The Spruce, arang adalah bahan yang ampuh mengurangi bau cat dinding. Anda bisa menggunakan arang briket atau activated charcoal, lalu tempatkan di mangkuk atau nampan dan biarkan semalaman di ruangan yang baru dicat.

Baca Juga: 4 Hal Penting Diperhatikan Jika Gunakan Pembersih Rumah Buatan Sendiri

Bawang bombai

Walaupun terdengar kurang masuk akal, bau bawang bombai yang cukup menyengat ternyata ampuh menetralisir bau cat dinding, lo. Mengutip House Digest, potong dua butir bawang bombai menjadi dua bagian, lalu tempatkan di mangkuk dengan sisi yang terpotong menghadap ke atas. Biarkan selama beberapa jam di ruangan yang baru dicat, lalu segera buang setelah selesai digunakan.

Bubuk kopi

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan bubuk kopi untuk menyerap dan mengurangi bau cat dinding. Sama seperti bahan-bahan lainnya, tuang bubuk kopi di mangkuk, biarkan semalaman, dan segera buang setelah selesai digunakan.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bau cat dinding yang menyengat. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News