HOME, Keluarga

5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Ini Mudah Dicoba, Lho

5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Ini Mudah Dicoba, Lho

MOMSMONEY.ID - JAKARTA. Bau ketiak merupakan hal yang wajar dimiliki banyak orang. Namun, ada beberapa kasus di mana bau yang keluar sangat tidak sedap. Untuk mengatasinya, beberapa cara menghilangkan bau ketiak perlu Anda praktikkan, misalnya memakai bahan alami.

Bau ketiak muncul saat bakteri memecah protein di keringat hingga menghasilkan semacam zat asam dengan bau menyengat. Kondisi itu bisa dipicu oleh berbagai macam hal. Mulai dari perubahan hormon, kondisi kesehatan tertentu, mengonsumsi makanan pedas, dan lain sebagainya.

Netmeds.com merekomendasikan Anda untuk menggunakan sabun antibakteri, memakai deodoran atau antiperpiran, dan rajin mengganti baju. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan bahan alami, lo. Dengan pemakaian rutin, bahan-bahan alami ini dapat menghilangkan bau ketiak yang tak sedap.

Baking Soda

Cara menghilangkan bau ketiak selanjutnya adalah dengan memakai baking soda. Kandungan dalam baking soda dapat menyeimbangkan zat asam yang keluar dari keringat sehingga bau ketiak berkurang. Anda perlu mencampur baking soda dengan sedikit air lalu aplikasikan pada ketiak.

Baca Juga: Pakai Bahan Alami, Cek 5 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Ini

Teh Hijau

Jika Anda memiliki masalah bau ketiak yang sulit hilang, cobalah untuk memanfaatkan teh hijau. Jenis teh itu mengandung banyak antioksidan yang efektif mengatasi sumber masalah bau ketiak. Cara yang harus Anda lakukan pun mudah.

Pertama, rendam beberapa kantung teh hijau dalam air hangat selama beberapa menit. Setelah benar-benar basah, tempelkan pada ketiak selama lima menit kemudian bilas dengan air. Selain digunakan di ketiak, teh hijau juga mampu menghilangkan bau kaki yang tidak sedap.

Cuka Apel

Cuka apel bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau ketiak.

Mengutip dari Netmeds.com, cuka apel dapat digunakan untuk menghilangkan bau ketiak karena mengandung banyak asam asetat. Pertama, encerkan cuka apel dengan sedikit air. Celupkan kapas di campuran itu lalu oleskan pada ketiak.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Ini Pakai Bahan Alami

Air Mawar

Tidak hanya memiliki aroma harum, air mawar juga bisa jadi penghilang bau ketiak. Alasannya karena air mawar mengandung antibakteri sehingga risiko kemunculan bau ketiak bisa berkurang. Anda bisa langsung menggunakannya di ketiak atau mencampurnya dengan jenis minyak lain, misalnya tea tree oil.

Tomat

Siapa yang gemar mengonsumsi tomat? Ternyata, tomat bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak, lo. Sama seperti teh hijau, tomat memiliki banyak antioksidan. Tidak berhenti sampai di situ, tomat juga memiliki astringen alami.

Caranya, celupkan handuk dalam jus tomat lalu oleskan handuk itu pada ketiak. Dengan pemakaian rutin, jumlah bakteri penyebab bau ketiak dan produksi keringat akan berkurang. Anda juga bisa memakai tomat pada bagian tubuh lain yang jadi sumber bau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News