HOME, Keluarga

4 Tips Utama dalam Merawat Kulit Sensitif, Simak Penjelasannya di Sini

4 Tips Utama dalam Merawat Kulit Sensitif, Simak Penjelasannya di Sini

MOMSMONEY.ID - Berbeda dengan kulit normal, kulit yang sensitif cenderung lebih rentan dan membutuhkan perawatan khusus.

Melansir Hello Sehat, kulit sensitif adalah kulit yang bereaksi berlebihan terhadap faktor lingkungan. Adapun reaksi kulit yang berlebihan tersebut kerap terjadi saat pemilik kulit sensitif memakai kosmetik, sabun, sampo, hingga produk perawatan kulit seperti sunscreen dan face cream. Selain itu, reaksi berlebih pada kulit sensitif juga bisa dipicu oleh paparan sinar matahari, polusi udara, perubahan suhu, air yang telalu panas, cuaca dingin, kurang tidur, stres, dehidrasi, dan perubahan hormon selama siklus haid atau kehamilan.

Nah, untuk menjaga kulit sensitif tetap sehat dan aman, inilah 4 tips utama dalam merawat kulit sensitif yang dilansir dari Cetaphil dan patut untuk dipraktikkan oleh para pemilik kulit sensitif.

Baca Juga: 7 Makanan yang Bagus untuk Kulit Berminyak, Bisa Mengontrol Sebum Berlebih-lebihan

1. Baca label produk sebelum menggunakannya

Seperti kita tahu, kulit sensitif lebih rentan terhadap bahan-bahan skincare. Jadi, pilihlah produk skincare yang memiliki formula lembut dan tentunya tidak mengiritasi kulit. Usahakan produk yang Anda pilih memiliki label hypoallergenic supaya tidak mendatangkan reaksi alergi pada kulit Anda.

Selalu ingat juga untuk berhati-hati dengan produk yang mengandung bahan-bahan berkonsentrasi tinggi seperti niacinamide, retinol, vitamin C, BHA (salicylic acid), dan AHA (glycolic atau lactic acid). Intinya, jangan lupa untuk membaca label produk dengan cermat dan cari tahu apakah bahan-bahan yang terkandung di dalam produk tersebut aman atau tidak untuk diaplikasikan pada kulit sensitif Anda.

2. Jangan melewatkan pelembab

Pelembab adalah elemen penting dari setiap rutinitas skincare untuk jenis kulit apapun termasuk kulit sensitif.

Apabila kulit Anda sensitif, pastikan untuk memilih produk pelembab yang tahan lama guna menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari. Sama halnya dengan produk cleanser, pelembab yang Anda pilih juga harus lembut dan tidak mengandung bahan-bahan yang bisa mengiritasi kulit sensitif Anda seperti alkohol dan pewangi.

3. Buat rutinitas skincare sesederhana mungkin

Kebanyakan dokter kulit merekomendasikan 3 langkah sederhana untuk merawat kulit sensitif yakni membersihkan, melembabkan, dan melindungi. Kendati tren 10 langkah skincare ala Korea begitu menggiurkan, namun kulit yang sensitif cenderung tidak membutuhkan langkah sebanyak itu. Alih-alih mempercantik kulit, rutinitas skincare yang terlalu banyak justru dapat membuat kulit sensitif kemerahan hingga gatal-gatal.

Sebaliknya, berfokus pada basic skincare (cleanser, moisturizer, dan sunscreen) jauh lebih baik untuk kulit sensitif mengingat kulit dengan tipe ini membutuhkan rutinitas yang dapat dipertahankan dalam jangka panjang.

4. Hindari produk yang mengandung wewangian

Meskipun produk yang harum sangat memanjakan indra penciuman, namun penelitian telah menunjukkan bahwa produk skincare yang mengandung wewangian merupakan salah satu penyebab paling umum dari reaksi negatif pada kulit.

Oleh sebab itu, berpikirlah matang-matang sebelum memutuskan untuk menggunakan produk skincare beraroma harum terlebih jika kulit Anda bertipe sensitif.

Itulah 4 tips utama dalam merawat kulit sensitif. Moms, ingat-ingat bahwa kulit sensitif tidak akan menimbulkan rasa tidak nyaman atau sakit apabila Anda mampu merawatnya dengan baik. Selama Anda bisa mempertahankan rutinitas skincare yang efektif dan mengambil tindakan perlindungan yang tepat, maka kulit sensitif Anda pun tetap bisa sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News