HOME, Keluarga

4 Tips Bikin Perpustakaan di Rumah, Simpel dan Nyaman!

4 Tips Bikin Perpustakaan di Rumah, Simpel dan Nyaman!

MOMSMONEY.ID - Bagi para pecinta buku, memiliki koleksi buku yang menumpuk di rumah dapat menjadi masalah yang cukup mengganggu. Sebab, buku-buku yang bertumpuk tentu tidak enak dipandang dan menimbulkan ketidaknyamanan di rumah.

Supaya buku-buku tersebut tidak tergeletak sembarangan, Anda dapat membuat home library atau perpustakaan pribadi di rumah. Selain menyediakan tempat yang nyaman untuk menyimpan dan membaca buku, interior rumah juga bisa bertambah estetik, lo.

Jadi, bagaimana caranya supaya perpustakaan di rumah bisa tampil keren sekaligus nyaman? Simak tipsnya berikut ini, yuk!

Pilih lokasi yang tepat

Melansir MyMove, pertama-tama Anda perlu memilih dan menentukan lokasi yang tepat untuk dijadikan perpustakaan di rumah.

Jika Anda punya kamar kosong yang tidak terpakai, manfaatkan saja sebagai ruang perpustakaan. Jika tidak, coba gunakan sudut atau sisi rumah yang kosong sebagai area membaca. Bila memungkinkan, pilihlah area atau ruangan yang tenang.

Baca Juga: Benda-Benda yang Bikin Dekorasi Rumah Terlihat Mewah, Apa Saja?

Tentukan gaya rak buku yang diinginkan

Selanjutnya, Anda perlu memikirkan storage atau tempat penyimpanan yang akan digunakan di perpustakaan rumah. Karena namanya perpustakaan, rak buku menjadi tempat penyimpanan yang wajib ada untuk memajang seluruh koleksi buku-buku Anda.

Bagi Anda yang berencana untuk menambah rak buku, pikirkan gaya rak buku seperti apa yang diinginkan. Mulai dari rak buku freestanding yang bisa dipindah-pindahkan, rak buku built-in yang menempel pada dinding, hingga rak buku ambalan yang minimalis, pilihlah gaya rak buku yang sesuai dengan rumah Anda.

Optimalkan pencahayaan

Pencahayaan merupakan hal yang krusial di perpustakaan, karena membaca di tempat yang suram dan gelap bisa berdampak buruk pada kesehatan mata.

Dikutip dari Home Addict, Anda bisa mengombinasikan berbagai jenis sumber pencahayaan supaya perpustakaan rumah terasa cerah dan lapang. Misalnya, manfaatkan pencahayaan alami dari jendela, lampu downlight yang terang, hingga lampu meja yang lembut.

Baca Juga: Tips Membersihkan Gelas Kaca yang Pecah, Tak Perlu Khawatir Terluka!

Atur furnitur dan dekorasi supaya nyaman

Selain rak buku, keberadaan furnitur seperti sofa dan kursi yang sesuai bisa mendukung kenyamanan saat membaca di perpustakaan.

Sama seperti memilih rak buku, Anda juga perlu memilih sofa dan kursi yang cocok dengan gaya interior rumah Anda. Jangan lupakan faktor kenyamanan saat memilih sofa dan kursi. Bahkan, Anda juga bisa menambahkan dekorasi seperti karpet bulu yang lembut dan bantal sofa yang empuk sebagai pelengkap di perpustakaan rumah.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat perpustakaan di rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News