HOME, Santai

4 Makanan dan Minuman Ini sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Menstruasi

4 Makanan dan Minuman Ini sebaiknya Tidak Dikonsumsi Saat Menstruasi

MOMSMONEY.ID - Masa menstruasi merupakan masa tersensitif yang dapat dialami perempuan. Salah satu hal yang berpengaruh pada masa tersebut adalah makanan.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat masa menstruasi karena dapat memberikan beberapa dampak bagi tubuh.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat sedang dalam masa menstruasi.

Baca Juga: Tips Mudah Menghilangkan Kram Menstruasi, Nomor 4 Paling Gampang Dilakukan!

Garam

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam terlalu banyak sebaiknya dijauhi saat sedang menstruasi.

Garam bisa memicu munculnya water retention pada tubuh yang membuat tubuh memiliki jumlah air berlebih sehingga menyebabkan kembung dan rasa tidak nyaman pada bagian perut.

Alkohol

Melansir dari laman Health Line, alkohol juga sebaiknya dihindari agar tidak memperparah gejala ataupun kram perut saat menstruasi.

Alkohol bisa menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi, memperburuk sakit kepala dan kembung perut, serta bisa memicu masalah pencernaan seperti mual dan diare.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Gangguan Menstruasi yang Wajib Diketahui

Makanan manis

Tak bisa dipungkiri, makanan manis merupakan salah satu makanan yang paling ingin dinikmati saat menstruasi. Namun mengkonsumsi banyak makanan manis ternyata bisa mempengaruhi mood saat menstruasi.

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis bisa memicu naiknya tekanan gula dalam tubuh yang berpengaruh pada mood.

Makanan pedas

Sakit perut atau kram perut yang dirasakan saat menstruasi juga bisa disebabkan karena mengkonsumsi makanan pedas pada masa PMS atau pun pada masa menstruasi.

Walaupun makanan pedas mampu untuk mengurangi stress, namun laman Flo menjelaskan bahwa mengkonsumsinya secara berlebihan saat sedang menstruasi bisa menyebabkan masalah pada perut seperti kembung, mudah lelah, dan memperparah kram perut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News